KSB dan Kenari, Mitra Binaan Kilang Pertamina Unit Balikpapan Raih Nusantara Award 2023

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan terus berupaya meningkatkan implementasi program Environmental, Social & Governance (ESG) sekaligus dukungan terhadap Sustainable Development Goals (SDG’s). Upaya tersebut menuai apresiasi dari banyak pihak. Dua program PT KPI Unit Balikpapan baru-baru ini berhasil mendapatkan penghargaan Nusantara CSR Award. Nusantara CSR Award merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility, ditujukan untuk perusahaan yang berkomitmen dan berkontribusi pada aspek pemberdayaan masyarakat dan lingkungan.

“Pada ajang Nusantara CSR Award 2023 ini, PT KPI Unit Balikpapan berhasil meraih 2 penghargaan pada Kategori Mengakhiri Kelaparan melalui program Ketahanan Pangan Girimukti (KENARI) serta pada kategori Kota dan Komunitas yang berkelanjutan melalui Program Kampung Siaga Bencana (KSB),” kata Pjs. Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI Unit Balikpapan Lifania Riski Nugrahani, Kamis (6/7).

Program KENARI yang dibina sejak Desember 2022 ini mendapat penghargaan kategori Mengakhiri Kelaparan. Walaupun program yang beranggotakan para petani di Desa Girimukti Penajam Paser Utara (PPU) ini dapat dikatakan program baru, namun telah berhasil memperlihatkan pencapaian yang baik.

“Kawasan lahan tidak produktif telah berhasil diubah menjadi Green House pembibitan tanaman hortikultura. Selain itu pada musim pertamanya kelompok KENARI telah berhasil panen buah melon 14 ton dari 8.000 bibit yang di tanam,” kata Lifania.

Penghargaan kedua untuk kategori Kota dan Komunitas juga berhasil diraih Kelompok Binaan KSB yang telah dibina sejak tahun 2021. KSB ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana di wilayahnya melalui peningkatan kapasitas, mitigasi, gladi dan simulasi penanggulangan.

“Program ini juga berfokus pada bencana iklim dengan berkontribusi terhadap pengurangan Gas Rumah Kaca (GRK), edukasi bencana iklim ke masyarakat dan menanggulangi dampak bencana iklim di pesisir (tempat tinggal) seperti peningkatan muka air laut dan banjir rob. Anggota kelompok KSB telah banyak terlibat di penanganan bencana mulai dari kebakaran, banjir rob dan juga longsong yang terjadi di wilayah lain,” kata Lifania.

Dalam pelaksanaannya, kedua program ini turut mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau juga dikenal dengan SDG’s. “Kilang Pertamina Unit Balikpapan sebagai perusahaan yang menjalankan bisnis di bidang energi memiliki tanggung jawab moral untuk menjalankan implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan yang dijalankan ini tentunya sesuai dengan pilar CSR Pertamina juga selaras untuk mendukung pencapaian SDG’s,” jelas Lifania.

Perolehan penghargaan ini dinilai oleh Tim Nusantara CSR Awards 2023 yang dilakukan secara hybrid di Kantor La Tofi School of Social Responsibility. Acara dihadiri Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad (Ketua Tim Penilai NCSRA 2023), Chairman La Tofi School of Social Responsibility La Tofi (Sekretaris Tim Penilai NCSRA 2023), Co-Founder Bike2work Indonesia Toto Sugito (Anggota Tim Penilai NCSRA 2023), Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden RI Velix Wanggai (Anggota Tim Penilai NCSRA 2023) dan CEO PT Olahkarsa Unggul Ananta (Anggota Tim Penilai NCSRA 2023).

“Semoga penghargaan ini semakin memberikan semangat bagi perusahaan dan juga para penerima manfaat agar program dapat terus berkembang dan berdampak luas,” tutup Lifania. (*/ Ries).

269

Leave a Reply

Your email address will not be published.