KUA, BKKBN dan PT Interport Launching Program Canting Lawan Stunting

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Balikpapan Barat (Balbar) bekerja sama dengan BKKBN dan PT Interport Mandiri Utama melaksanakan kegiatan launching Program Canting (Bersama calon pengantin lawan stunting), Selasa (8/6).

Dalam kegiatan ini turut dihadiri dari kementerian agama (Kemenag) Balikpapan, perwakilan PT. Interport, Koordinator Penyuluh KB, Camat Balikpapan Barat, lurah se-Balikpapan Barat, Penyuluh KB (BKKBN) dan pasangan calon pengantin yang hadir.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Balikpapan H Masrivani mengatakan, kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan bagi calon pengantin memang sebelumnya sudah ada seperti KB, gizi dan stunting, ini program baru pemerintah yang bekerja sama dengan CSR perusahaan. Karena memang salah satu misi Menteri Agama mempersiapkan keluarga yang sehat, baik secara rohani dan jasmani.

“Kami ingin kedepannya bimbingan pengantin itu tidak hanya 1-2 jam, tetapi minimal selama 3 hari. Apalagi itu sudah dilaksanakan mulai tahun 2017 lalu, namun karena terkait anggaran sehingga hanya beberapa saja yang ikut bimbingan setiap minggunya, mudah-mudahan kedepannya semua pengantin bisa mengikuti bimbingan dengan baik,” ucap Masrivani usai kegiatan program Canting.

Sementara Camat Balbar Muhammad Arif Fadhillah menambahkan, pihaknya mendukung dan menyambut baik program Canting lawan stunting. Ini suatu hal yang baik, dimana dari perusahaan PT Interport Mandiri Utama memberikan dukungan untuk mensukseskan pencegahan stunting di wilayah Balbar.

“Tentu ini suatu hal yang baik dan mulia, karena tujuannya agar anak-anak dari hasil perkawinan itu bisa tumbuh sehat, normal dan terhindar dari stunting,” jelas Arif.

Karena diketahui bahwa stunting itu gangguan pertumbuhan pada anak, terutama pada fisik dan Intelektual, sehingga diharapkan generasi yang akan datang adalah generasi yang baik dan sehat.

Lebih jauh CSR Koordinator PT Interport Mandiri Utama -Wiyanto membenarkan, ini salah satu program CSR PT Interport Mandiri Utama dipilar kesehatan, terkait dengan penanganan dan penurunan angka stunting di Balbar. Tentu pihaknya akan selalu memberikan dukungan.

Sementara untuk program yang dilakukan ada dua, untuk pertama kegiatan langsung pada anak-anak dibawah umur 2 tahun dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan pendampingan yang mana kegiatan ini dilakukan di Kelurahan Kariangau, Balbar.

“Dan itu sifatnya lebih kepada penanganan langsung. Yang kedua kegiatan preventif pencegahannya itu melalui program Canting (Bersama calon pengantin lawan stunting). Dan itu merupakan kegiatan CSR Interport di bidang kesehatan pada tahun 2021,” tambahnya.

Sementara untuk kegiatan CSR Interport, kedepannya akan tetap melakukan kegiatan ini yang lebih masif lagi, kemudian juga akan mengevaluasi kegiatan, siapa tau dengan evaluasi ini mendapatkan kegiatan yang lebih baik dan bisa dikembangkan di kecamatan lain.

“Kami ingin ikut berkontribusi atas gerakan yang dicanangkan oleh pak Presiden Joko Widodo untuk mengatasi stunting sampai tahun 2024,” jelasnya.

Namun untuk sekarang masih difokuskan di wilayah Balbar, tetapi tidak menutup kemungkinan akan dilakukan di kecamatan lain. Yang pasti ia akan berkegiatan Bersama KUA dan BKKBN di tempat lain.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *