Metro Kaltim

Lagi, Lumba-Lumba Ditemukan Mati di Pantai Balikpapan

MetroKaltim.com, BALIKPAPAN – Seekor lumba-lumba tanpa sirip punggung dengan nama latin Finless Porpoise (Neophocaena phocaenoides) ditemukan mati di pantai ujung Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Selasa (20/8/2019).

Pertamakali, petugas dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DP3) Kota Balikpapan bernama Ruslan. Saat itu dia mendapat informasi dari masyarakat ada temuan lumba-lumba mati. Kemudian dia menghubungan petugas DP3 lainnya.

“Saya mendapat informasi adanya temuan lumba-lumba mati ini sekira pukul 18.00 wita pas menjelang magrib,” terang petugas DP3 Kota Balikpapan, Hery Seputro.

Petugas DP3 Balikpapan melakukan pemeriksaan

Pihaknya bersama BKSDA langsung mendatangi lokasi serta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengambil data mamalia tersebut. “Saat ditemukan posisi air laut sedang pasang,” katanya.

Dari hasil pendataan diketahui panjang lumba-lumba tersebut 130 centimeter, dengan diameter 74 centimeter dan fin 22 centimeter. Diperkirakan lumba-lumba tersebut sudah mati lebih dari satu hari, pasalnya aroma bau busuk yang dikeluarkan sudah mulai tercium.

“Mengingat lumba-lumba tersebut sudah code 3 dan berbau cukup lumayan, maka kami berempat memutuskan untuk mengubur lumba-lunba itu sekira pukul 20.00 wita,” pungkasnya.(mk-01)

One thought on “Lagi, Lumba-Lumba Ditemukan Mati di Pantai Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *