Lagi Mancing Speed Wabup Kutim Kasmidi Terbalik, Begini Kronologinya

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Di tengah kepenatan mendera selama memimpin sekaligus mengkoordinir para petugas gugus tugas penangan covid-19, Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang, ST.MM bersama 10 orang rekannya pergi memancing pada Jumat (8/5) malam menggunakan speed boat di perairan Kutim. Namun, awak media Metro Kaltim pada Sabtu (9/5) dini hari mendapat kabar bahwa speed boat yang digunakan Kasmidi bersama 10 orang lainnya dikabarkan tenggelam.

Guna mencari kebenaran perihal tersebut awak Metro Kaltim berupaya mencari informasi kebenarannya, diketahui sebelum terjadinya accident speed Wabup Kasmidi terbalik, beberapa crew speed yang di tumpangi Kasmidi Bulang sempat memberikan kabar bahwasannya kapal dalam keadaan terbalik bahkan beberapa awak kabin lainnya juga mengabarkan via ponsel baik kepada petugas pengamanan terdiri dari TNI-Polri serta kerabat.

Demi menjaga keamanan dan keselamatan orang nomor dua-nya Pemkab Kutim ini, tak berapa lama baik tim gabungan dari satuan Lanal Sangatta, Kodim 0909/Sangatta, Polresta Kutim, perahu nelayan bersama-sama langsung menuju ke lokasi di seputaran pantai Teluk Lombok.

Wabup Kutim Kasmidi bersama Wakil Ketua Golkar Kutim Rudi Hartono usai dievakuasi ke darat setelah speed yang digunakan memancing tenggelam.

Beruntung petugas sigap dan segera menemukan lokasi TKP dari kejauhan terlihat buritan kapal berada di atas permukaan laut sementara baik Kasmidi Bulang bersama 10 crew lainnya bertahan di atas buritan kapal speed berwarna kuning itu.

Segera petugas gabungan termasuk anggota Lanal, Kodim serta Wakapolres Kutim Kompol Mawan dan personil langsung mengevakuasi Wabup Kasmidi Bulang bersama awak kabin speed dalam keadaan kondisi selamat.

Kasmidi bersama Dandin Pabate saat dikunjungi awak media Metro Kaltim.

Hal ini dipertegas langsung oleh Waka Kompol Mawan melalui isi pesan Whatup-nya yang isi pesannya dikirimkan ke ponsel jurnalis Metro Kaltim. “Syukur Alhamdulillah dilaporkan pak Wakil Kutai Timur kita saat di temukan dalam keadaan selamat tanpa kondisi cidera sedikit pun,” jelasnya.

Kemudian Waka Mawan turut melaporkan setelah Wabup Kasmidi bersama rombongam berhasil dievakuasi ke dermaga Teluk Lombok, bergegas rombongan langsung menuju kediaman pribadi wabup yang juga posko gugus covid – 19 jalan Patung Burung Sangatta Selatan.

Suasana di kediaman Kasmidi usai kejadian speed yang di tumpangi Kasmidi tenggelam.

Setibanya di rumah pribadinya Wabup Kasmidi langsung memberikan keterangan persnya secara singkat seputar kronologis kejadian. “Saya mengimbau kepada masyarakat tetap tenang jangan menimbulkan keresahan atas kejadian terbaliknya speed yang saya tumpangi. Dan syukur Alhamdulillah saya bersama rombongan lainnya dapat selamat semua itu karena doa masyarakat juga serta banyak yang ikut membantu proses pencarian dan evakuasi. Terima kasih banyak atas upaya penyelamatan kami,” ucap Kasmidi saat sudah berada di rumah pribadinya.

“Terkait adanya informasi simpang siur speed saya tenggelam dan belum diketemukan termasuk awaknya sama sekali tidak benar. Saat kejadian memang sedikit ada ‘human eror’ yang mana saat speed dalam keadaan berhenti di tengah perairan seputar Teluk Lombok lupa menghidupkan pompa pembuangan air karena saat itu sedang asik (konsentrasi, Red) memancing,” ulas Wabup Kasmidi Bulang.

Kebetulan motoris speed tersebut di kemudikan sendiri oleh Wabup Kasmidi Bulang, namun saat terbalik posisi speed sedang berada di tengah laut. “ Memang terbaliknya speed tidak langsung, kapal mulai mengalami kemiringan secara perlahan sebelum akhirnya terbalik total. Namun saya berupaya menenangkan dan menguasai keadaan agar tidak panik. Karena jika panik berlebihan dikhawatirkan bisa saja menimbulkan korban jiwa. Semua crew dapat mengikuti arahan saya saat itu,”ungkapnya.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *