Metro Kaltim

Lahan Terbakar, Warga Panik

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kebakaran lahan kosong kembali terjadi di kota Balikpapan, kali ini kobaran api terjadi di kawasan Graha Indah, Balikpapan Utara. Api pertama kali terlihat sekitar pukul 15.00 WITA pada (08/9) Minggu.

Kobaran api yang terjadi ini di duga kuat, di bakar oleh seseorang yang ingin membersihkan lahan miliknya, namun akibat hembusan angin kencang, api yang membakar ilalang tidak bisa di tanggulangi sehingga membesar dan membakar lahan lainnya.

Pemilik lahan, Sakri mengatakan, awalnya dirinya hanya ingin membersihkan lahan miliknya, namun angin kencang, dan api langsung membakar ilalang yang kering dengan cepat.

“Loncat apinya, langsung besar membakar ilalang kering sampai ke hutan yang ada di sekitar sini,” jelasnya.

Api yang terus membesar membuat sebagain warga kaget dan berjibaku memadamkan kobaran api dengan ranting basah, namun usaha yang di lakukan tidak berhasil, hingga mobil pemadam kebakaran dari UPT Utara tiba di lokasi dan langsung menyemprotkan air kebagian kobaran api yang masih menyala.

Oleh petugas tak membutuhkan waktu lama, kobaran api dapat di jinakkan dengan cepat hingga tidak tersisa.

Sementara itu Polsek Balikpapan Utara yang tiba di lokasi untuk memintai keterangan di lokasi kejadian kebakaran lahan yang terjadi.

“Kita akan bawa ke Polsek Utara, untuk di mintai keterangan, akibat kebakaran lahan yang terjadi,”Jelas Aiptu Asep di lokasi kebakaran.

Aiptu Asep juga berpesan, agar tidak melakukan aktifitas membakar lahan , karena berbahaya, terlebih di saat musim kemarau seperti saat ini, pungkasnya.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *