Lakukan Penghijauan, PT PJB UBJOM Kaltim Teluk Tanam Ratusan Pohon Buah di Sekolah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Meski berada di kawasan industri, penghijauan terus dilakukan di lingkungan sekitar, agar keberlangsungan ekosistem selalu terjaga. Salah satunya yang dilakukan oleh PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) UBJOM Kaltim Teluk, yang beroperasi di wilayah Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat.

Sebanyak 100 bibit pohon buah ditanam di halaman Sekolah Dasar (SD) Negeri 21 dan SMP Negeri 21 Balikpapan, pada Sabtu (27/11/2021) pagi. Penanaman ratusan pohon buah ini dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 November.

Dalam acara tersebut turut hadir, General Manajer (GM) PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan, Kapolsek Balikpapan Barat, Danramil 0905-02 Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Barat, Lurah Kariangau, LPM Kariangau, perwakilan perusahaan Apical Group dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Penyerahan bibit pohon buah oleh PT PJB UBJOM Kaltim Teluk kepada Kepsek SDN 21 dan SMP Negeri 21 Balikpapan.

Sebelum kegiatan penanaman pohon secara simbolis, serah terima 100 bibit pohon buah dilakukan oleh GM PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Syarief Andrian kepada Kepala SMP Negeri 21 Doddy Yustus Sulu.

Syarief mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan CSR PT PJB dalam rangka hari menanam pohon nasional. “Ada 100 bibit pohon beserta perlengkapannya yang kita serahkan ke pihak sekolah, semoga dapat tumbuh subur dan menjadi rimbun sekolah ini,” ucapnya disela-sela kegiatan penanaman pohon.

Di pilihnya halaman sekolah ini sebagai tempat menanam bibit pohon buah dikarenakan di lokasi ini merupakan bangunan dan butuh penghijauan. Apalagi, selama ini CSR PT PJB juga selalu fokus dengan kedua sekolah yang berlokasi di Teluk Warung, Kariangau seberang tersebut.

GM PT PJB UBJOM Kaltim Teluk saat menanam pohon buah.

“Ini subjek kami di UBJOM Kaltim Teluk, dan ini bangunan baru dan ini potensi menanam pohon makanya kita pilih penanaman pohon di sini. Ke depan kita akan cari lokasi yang lain lagi,” ungkap Syarief.

Sementara itu, mewakili Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Kepala SMP Negeri 21 Balikpapan, Doddy mengatakan sebelumnya saat peresmian bangunan sekolah ini hal utama yang diminta oleh Kepala Dinas Pendidikan yakni penghijauan di lingkungan sekolah.

Foto bersama usai pelaksanaan penanaman pohon buah.

“Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi sekali apa yang dilakukan hari ini, karena salah satu dari misi sekolah dalam rangka upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sekaligus sekolah berwawasan lingkungan. Dalam upaya meningkatkan mutu di lingkungan sekolah kami bekerja sama dengan perusahaan di lingkungan ini,” terang Doddy dalam sambutannya.

Apresiasi yang dilakukan PT PJB UBJOM Kaltim Teluk juga mendapat apresiasi dari DLH Kota Balikpapan. Terlebih belum lama ini Kota Balikpapan menerima penghargaan dari ASEAN 2021 katagori Kota Ramah Lingkungan. Untuk itu diharapkan semua pihak dapat berperan menanam pohon untuk menghijaukan kembali Kota Balikpapan.

“Pemkot sangat mendukung dan mengapresiasi setiap penanaman pohon yang dilakukan semua pihak, sebagai bentuk peduli lingkungan dan ini bisa menjadi inspirasi baik bagi investor, karena penanaman pohon ini membantu menjaga ekosistem dan berperan penting untuk mencegah bencana alam,” tandas perwakilan DLH Kota Balikpapan, Sentot Purwandono. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *