Meski Sempat Tertunda, Dewan Pengurus Kadin Balikpapan Resmi Dilantik

Balikpapan, Metrokaltim.com – Meski sempat tertunda karena pandemi covid-19, hari ini (27/11) Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) kota Balikpapan melaksanakan Pelantikan Dewan Pengurus Kadin kota Balikpapan Periode 2021-2026 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Senyur Balikpapan.

Dalam kesempatan ini, Ketua Kadin kota Balikpapan Yaser Arafat Syahril menjelaskan, sebenarnya setelah melakukan pemilihan seyogyanya melakukan pelantikan, mengingat masa pandemi dan PPKM bervariasi, sehingga menyesuaikan jadwal dari Pemerintah kota.

“Alhamdulillah malam ini (27/11) berkesempatan mengadakan pelantikan keluarga besar pengurus Kadin,” ucap Yaser Arafat di depan awak media, Sabtu malam.

Dan terkait program kerja pengurus Kadin 2021-2026 kedepannya sesuai takline, yaitu mewujudkan ekonomi kota Balikpapan yang sehat, kuat dan berkesinambungan. Ketika ingin sehat pastinya harus sehat dulu, mulai dari sehat secara perusahaan, sehat secara SDM, kesiapan dan administrasi, lalu berkesinambungan.

Dengan adanya isu IKN, maka tantangan para pengusaha lokal Balikpapan itu semakin berat dan kompetitif, maka dalam hal ini ia juga menyiapkan dan menekankan kepada peningkatan SDM para pelaku usaha Balikpapan dan SDM para pekerja di Balikpapan.

“Ketika ekonomi sedang mengalami ketidakpastian maka kami akan memberikan penyuluhan dan pelatihan terhadap pekerja. Sehingga mereka siap bukan hanya satu kompetensi, melainkan lebih dari satu,” ujar Yaser.

Selanjutnya, pihaknya juga menekankan transformasi perubahan shifting pola pekerjaan dari konvensional menjadi digital, maka di pengurusannya juga menguatkan dari segi teknologi.

Maka itu disini masuk industri kreatif dan teknologi, sehingga bisa memberikan masukkan untuk para pelaku usaha di dalam mengembangkan usaha mereka agar bisa tetap eksis, disesuaikan dengan kondisi, perubahan dan kebutuhan pasar yang ada.

“Kami juga menegaskan komitmen terhadap pemerintah kota Balikpapan untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi untuk kemaslahatan kemanfaatan orang lokal, pekerja lokal dan penguasa lokal di Balikpapan. Karena ini amanah UU Kadin Nomor 19 87 bahwasanya Kadin adalah Mitra strategisnya pemerintah,” jelasnya.

Bahkan ditengah pendemi ini, suka tidak suka semua dipaksa dari konvensional berarti kepada teknologi. Sementara anggota Kadin ada sekitar 1.000, termasuk UMKM kecil, menengah, besar sampai BMA.

Untuk bisa akselerasi agar pertumbuhan ekonomi tetap terjaga, maka Kadin juga akan memberikan kepada anggota dan menyiapkan anggota, bagi yang ingin mengetahui dari segi perkembangan IT dan administrasi secara perusahaannya berubah jadi konvensional kepada digital, maka ia akan menyiapkan semua.

“Sehingga mereka lebih efisien, efektif dan produktif. Karena ke depan kita tidak tahu, mudah-mudahan tidak terjadi gelombang ke-3, maka sentuhannya pasti akan kurang. Dan lebih menekankan kepada penguatan daya pada sektor digitalisasi,” paparnya.

Lebih jauh Ketua Panitia Noval Asfihani menambahkan, bahwa semua panitia sudah sukses menyelenggarakan prosesi pelantikan dewan pengurus Kadin Balikpapan Periode 2021-2026.

Dalam pelantikan, Kadin juga memberikan beberapa penghargaan kepada mitra kerja, salah satunya RDMP Pertamina. Yang mana Kadin sudah membuka MoU untuk pengusaha lokal, sehingga RDMP Pertamina memberikan support terhadap pengusaha lokal, untuk bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya.

“Selain itu kami juga memberikan penghargaan dan apresiasi pada para sponsor yang telah memberikan partisipasinya, untuk mensukseskan acara pada malam hari ini,” ungkapnya.

(Mys/Ries)

6

Leave a Reply

Your email address will not be published.