Lima Warga Binaan Rutan Balikpapan Langsung “Merdeka” di HUT ke-76, 283 Dapat Pengurangan Masa Tahanan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Lima dari 288 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB dinyatakan langsung bebas dalam penerimaan remisi, dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pada Selasa (17/8) pagi besok.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Rutan Klas IIB Balikpapan Jul Herry Siburian merincikan, dari 288 orang yang akan mendapatkan usulan remisi terdiri dari 144 orang pidana umum serta Peraturan Pemerintah (PP) No.99 Tahun 2012 sebanyak 144 orang.

“Bahwa usulan pemberian remisi dibagi menjadi dua kategori, yakni Remisi Umum (RU) I yang dikurang masa tahananya sebanyak 288 orang mereka yang mendapatkan usulan remisi ini yang telah memenuhi syarat yang ditentukan yakni berkelakuan baik serta mengikuti kegiatan pembinaan di Rutan Balikpapan,” terang Herry, Senin (16/8).

Rencananya pemberian remisi tersebut dilaksanakan usai kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Rutan Balikpapan.

Untuk diketahui, bahwa setiap perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia pemerintah memberikan pengurangan hukuman atau Remisi pada narapidana dan anak pidana. Di mana berdasarkan pada Undang-Undang no 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas PP No. 32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan Hak Warga Binaan. Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 03 Tahun 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *