Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan ke KPU Kukar

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Logistik pemilu saat ini mulai didistribusikan ke sejumlah Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota. Diantaranya kotak suara, bilik suara hingga surat suara.

Belum lama ini KPU Kutai Kartanegara (Kukar) menerima kiriman logistik berupa ribuan kotak suara yang akan digunakan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, pada 9 Desember mendatang.

Ribuan kotak suara itu tiba di Gudang Logistik KPU Kukar dengan diangkut menggunakan truk serta di kawal oleh aparat kepolisian.

“Total ada 1.750 kotak suara yang tiba di KPU berbahan karton double wall kedap air,” ungkap Ketua KPU Kukar, Erlyando Saputra.

Dia menjelaskan, logistik kotak suara ini dikirim dari pabrik pembuatannya di Banten. “Untuk logistik pemilu ini pembuatannya ada di beberapa tempat, untuk pembuatan surat suara dan bilik suara itu dibuat di Gresik Jawa Timur, sedangkan untuk pembuatan kotak suara dibuat di Banten,” beber Nando sapaan akrab Erlyando.

Sedangkan untuk pembuatan formulir dan kebutuhan lainnya juga dibuat di luar daerah. Saat ini KPU Kukar tengah menggenjot pihak ketiga selaku penyedia logistik agar segera menyelesaikannya.

“Proses lelang logistik itukan di KPU Provinsi Kaltim, sementara kami sifatnya hanya bisa memantau dan menunggu logistik dikirimkan dari pihak penyedia,” ucapnya.

Nando mengatakan, saat ini kebutuhan logistik lainnya seperti sampul, kertas surat suara, formulir dan bilik suara hingga kini masih dalam proses pengiriman.

“Sebagian logistik sudah proses pengiriman, seperti surat suara dan sampul itu posisi masih di kapal,” kata Nando.

Pilkada sendiri akan berlangsung dua minggu lagi, seharusnya lanjut Nando semua logistik sudah diterima KPU, sementara ini pihaknya terus berupaya melakukan koordinasi kepada pihak ketiga agar semua logistik tersebut bisa secepatnya tiba di KPU Kukar.

“Logistik harus tiba semua, karena masih ada proses sortir dan lipat surat suara di tingkat kabupaten,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *