Media Gathering refleksi akhir tahun 2021 kantor Imigrasi Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan menggelar Media Gathering Refleksi Akhir Tahun 2021, dengan tema Bersama Insan Pers Wujudkan Kehumasan Imigrasi Balikpapan Semakin PASTI yang diikuti sejumlah awak media cetak, media elektronik dan media online di Balikpapan, Senin (27/12) pagi.

Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan sinergi jajaran Kanim Balikpapan bersama insan pers, sekaligus pemaparan capaian kinerja Kantor Imigrasi Balikpapan selama Tahun 2021.

Terkait layanan Keimigrasian Kanim Balikpapan sepanjang Tahun 2021, untuk penerbitan Paspor Republik Indonesia sebanyak 2.434, dengan rician 1.708 paspor biasa 48 halaman dan 726 e-paspor 48 halaman. Perlintasan pada TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Udara Bandara SAMS Sepinggan, kedatangan dari luar negeri tercatat 1.405 orang dengan rincian awak pesawat WNI 1.220 orang, awak pesawat WNA 35 orang, penumpang WNI 5 orang dan penumpang WNA 145 orang.

“Kedatangan ke luar negeri tercatat 1.471 orang dengan rincian awak pesawat WNI 1.419 orang, awak pesawat WNA 47 orang dan penumpang WNA 145 orang,” ucap Kepala Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian Adrian Soetrisno dalam paparannya.

Pelayanan bagi WNA di Kantor Imigrasi
Balikpapan sepanjang Tahun 2021 tercatat 123 permohonan Izin Tinggal Kunjungan, 573
permohonan Izin Tinggal Terbatas dan 7
permohonan Izin Tinggal Tetap. Dalam hal penegakkan aturan keimigrasian, Kantor Imigrasi Balikpapan sepanjang tahun ini telah melakukan 4 Tindakan Administratif Keimigrasian.

“Dan 2 warga negara Ukraina dan 1 warga negara Rusia telah dilakukan deportasi karena tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah, sedangkan 1 warga negara Maroko dikenai tindakan pendetensian karena melakukan pelanggaran izin tinggal,” lanjut Adrian Soetrisno.

Tingkat pencapaian target kinerja terutama dalam hal pelayanan keimigrasian pada Tahun 2021 masih menunjukkan tren penurunan seiring masih merebaknya pandemi covid-19 yang mempengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk dalam pelayanan Keimigrasian.

Namun Kantor Imigrasi Balikpapan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui Program Eazy Passport dan Inovasi layanan dengan mengangkat kearifan lokal khas Balikpapan yang mendapat apreasiasi dari berbagai pihak, diantaranya LAPMER (Layanan Prioritas Melayani Kelompok Rentan), LAMARU (Layanan Mengantar Paspor Rentan Usia Lanjut), TUNTAS (Tatakan Untuk Tas), AMPLANG (Ambil Paspor Langsung Pulang), SI BEKANTAN (Imigrasi Berikan Kenyaman Pelayanan Izin Tinggal Tanpa Datang) dan ASIAPP (Aplikasi Aman Penyimpanan Paspor).

Ditambahkannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama melalui Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Adrian Soetrisno menyebut Tahun 2021 sebagai tahun mengukir prestasi bagi Kantor Imigrasi Balikpapan.

Sejak awal tahun lalu Kanim Balikpapan
berhasil menorehkan prestasi membanggakan melalui sejumlah penghargaan, seperti
penghargaan dari instansi pemerintah maupun swasta terkait inovasi layanan Eazy Passport, penghargaan Menteri Hukum dan HAM RI terkait Pelayanan Publik Berbasis HAM, hingga
keberhasilan meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) Tahun 2021 dari Kementerian
PAN-RB.

“Semoga segala pencapaian pada Tahun 2021 ini tidak membuat jajaran Kanim Balikpapan berpuas diri. Layanan harus terus ditingkatkan, inovasi pun terus dikembangkan untuk permudah layanan dengan harapan kualitas pelayanan semakin prima demi mewujudkan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) Tahun 2022 mendatang,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan Rakha Sukma Purnama.
(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *