Mendagri Buka Rakor Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 di Kaltim

Balikpapan, Metrokaltim.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Muhammad Tito Karnavian melakukan kunjungan kerjanya di Kaltim. Mantan Kapolri ini tiba di Balikpapan pada Jumat (17/7) malam, dan pada Sabtu (18/7) paginya membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 Dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19, yang digelar di Ballroom Mahakam Hotel Novotel Balikpapan.

Kegiatan itu dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor dan jajaran Forkopimda Kaltim serta para bupati/walikota se Kaltim. Hadir mendampingi Mendagri, Plt Dirjen Politik Pemerintahan Umum Bahtiar, Dirjen Kependudukan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh, Plt Dirjen Bina Keuangan Daerah Mochamad Ardian Noevrianto, Plt Dirjen Bina Adminstrasi Kewilayahan Safrizal dan Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik.

Dalam arahannya kepada penyelenggara Pilkada tahun 2020 dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Mendagri mengingatkan pilkada tahun ini berada di tengah pandemi Covid-19, sehingga mengharuskan semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan.

Para peserta rakor saat mendengarkan pemaparan dari Mendagri.

“Baik penyelenggara Pilkada maupun masyarakat diminta wajib melaksanakan ketentuan protokol kesehatan agar aman dari ancaman virus corona,” kata Tito Karnavian.

Selain itu, Mendagri menyebutkan KPU sudah melaksanakan kegiatan pentahapan. Dimana, 15 tahapan dimulai dari September 2019 dan tahapan 1 hingga 5 sudah dikerjakan sampai Maret hingga terjadinya pandemi Covid-19.

H Muhammad Tito Karnavian

Sehingga KPU mengeluarkan keputusan untuk menghentikan sisa 10 tahapan. Sebab, tahapan ke 6 dan seterusnya adalah tahapan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum.

“Kemudian, KPU menyampaikan tiga alternatif untuk tahapan lanjutan. Yaitu, diselenggarakan pada 9 Desember 2020, kedua pada Maret 2021 dan ketiga pada September 2021 dengan harapan Covid-19 berakhir,” lanjutnya.

Hadir dalam Rakor Penjabat Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, Bupati Berau H Muharram, Kepala KPU Kaltim Rudiansyah, Kepala Bawaslu Kaltim Muhammad Saipul , Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *