Mengaku Bisa Mengobati Orang Sakit, Dua Pelaku Penipuan di Bekuk Tim Batman

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dengan bermodalkan peci, kain sarung dan baju Koko, dua pelaku penipuan berhasil mengelabui para korbannya, hingga meraup keuntungan puluhan juta rupiah. Kedua tersangka di bekuk di kawasan jalan Soekarno Hatta KM 3 Balikpapan Utara pada 27 Juni 2021 oleh tim Batman Polsek Balikpapan Utara.

Awalnya kedua tersangka ini melakukan aksi penipuan dengan modus operandi yang sangat unik, dua tersangka yakni Sutrisno dan Achmad Iwan Setiawan. keduanya memiliki peran masing-masing dalam aksi penipuan yang di lakukan.

Tersangka Sutrisno berperan sebagai Ustad yang bisa mengobati segala penyakit sementara Achmad Iwan Setiawan berperan sebagai sopir.

Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Danang Aries Susanto mengatakan, kedua pelaku ini beraksi menggunakan mobil dan tidur di Melawai, mereka beraksi pada pagi hari dengan mendatangi korban di pinggir jalan.

” Sopir turun dengan alasan ingin menanyakan alamat, saat korban menanggapi pelaku satu mulai beraksi, jika korban sakit, dan harus di obati, saat percaya, korban di bawa masuk ke dalam mobil. Saat di dalam mobil pelaku mulai melakukan aksinya dengan membaca mantra namun korban harus melepas semua emas yang ada di tubuhnya. Saat itulah emas korban di masukkan kotak dan kotaknya di tukar yang berisi sabun yang sudah di mantrai sehingga bisa di gunakan saat mandi, namun kotak tidak boleh di buka sebelum di rumah, beber Kompol Danang.

Aksi kedua pelaku bukan hanya sekali, namun sudah melakukan beberapa aksinya di Balikpapan.

Emas hasil penipuan ini oleh tersangka di bawa ke Samarinda di kawasan pasar pagi dan di jual sebesar Rp 13 juta rupiah. Uang hasil penjualan emas ini di gunakan tersangka membeli beberapa baju dan berfoya-foya di sebuah lokalisasi di kawasan Manggar sari Balikpapan Timur.

” Uang hasil penjualan emas di belikan baju dan juga di gunakan untuk berfoya-foya di lokalisasi,” jelas Danang.

Sementara itu tersangka Sutrisno mengatakan, awalnya ke Balikpapan bekerja di bengkel di Penajam Paser Utara, namun karena sepi, tersangka melakukan aksi penipuan bersama rekannya. Tersangka mengaku baru kali ini melakukan tindak kriminalitas.

Kedua tersangka beserta sejumlah barang bukti di amankan di Polsek Balikpapan Utara. Kedua tersangka akan di jerat dengan pasal 378 junto pasal 65 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

(ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *