Menjaga Ketahanan Pangan, Polda-Kodam Panen Kangkung dan Lele

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono bersama Pangdam VI/Mulawarwan Mayjen TNI Subiyanto menggelar panen raya di Wisata Kangkung, RT 40, Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, Kamis (9/7) pagi. Namun bukan hanya di Kota Minyak, panen ini juga digelar di seluruh jajaran TNI-Polri se-Indonesia.

Selain Muktiono dan Subiyanto, kegiatan tersebut juga dihadiri beberapa pejabat utama Polda Kaltim dan Kodam VI/Mulawarwan. Seperti Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Edhy Sumitro Tambunan, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi serta Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Kapolda Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman panen ikan lele.

Sebelumnya, melalui video conference, mereka lebih dulu menyaksikan panen raya yang dilakukan Kapolri Jendral Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kabupaten Tangerang, Banten. Setelah itu, Muktiono dan Subiyanto bersama pasukannya masing-masing memanen kangkung dan ikan lele di Kampung Tangguh Covid-19, Sumber Rejo.

“Tadi kita lihat bersama-sama panen raya nusantara serentak di Indonesia, bersama panglima TNI dan Kapolri. Di Kaltim juga, diseluruh polres dan kodim jajaran juga melakukan hal yang sama,” kata Muktiono kepada awak media.

Namun bukan hanya memanen. Muktiono dan Subiyanto juga menyalurkan bantuan 4 ribu bibit nila kepada pengelola Kampung Tangguh Covid-19. Bahkan, mereka sendiri yang menabur sebagian bibit-bibit ikan air tawar itu di kolam Kampung Tangguh Covid-19. “Sebelumnya juga ada 9 ribu bibit lele kami salurkan di sini,” sebut Muktiono.

Panen lele untuk ketahanan pangan.

Jenderal bintang dua itu menerangkan, hasil-hasil budi daya tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak pandemi Covid-19. Dengan harapan, kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, bagi TNI-Polri dan masyarakat tentunya,” pungkasnya.

Subiyanto menambahkan, TNI-Polri menyadari betul adanya pandemi Covid-19 membuat sebagian masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Oleh karena itulah mereka menggagas budi daya sayuran dan perikanan agar ketahanan pangan tetap terjaga.

Pelepasan bibit ikan nila di Kampung Kangkung Sumber Rejo.

“Kita sudah tahu ini (budi daya sayuran dan perikanan, Red) sudah dimulai dari tingkat RT, RW, desa sampai dengan kecamatan di masing-masing kota, kabupaten. Dan salah satunya di tempat ini. Tujuannya untuk mengatasi masalah pangan,” tambah Pangdam VI.

Sementara itu, Ismakun (53), selaku pengelola wisata kangkung di Sumber Rejo, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan TNI-Polri. Dia berharap, semoga bencana pandemi Covid-19 bisa segera teratasi.

“Alhamdulillah, ini dapat bantuan bibit ikan sekalian kolamnya. Harapannya, ketahanan pangan di Balikpapan dan Indonesia mudah-mudahan lancar semua. Dan cepat hilangnya corona ini,” ujar Ismakun.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *