Menko Perekonomian, Uniba Bisa Mewarnai Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Balikpapan, Metrokaltim.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto melaksanakan kunjungan kerja ke Universitas Balikpapan (Uniba) untuk melaksanakan kegiatan kuliah Umum di Conference Room Uniba, Sabtu (18/6/2022) pagi.

Saat conferensi pers, Airlangga menjelaskan, kegiatan ini adalah memberi kuliah umum di Universitas Balikpapan yang merupakan Center of Excellens di Kalimantan yang juga swasta. Dirinya berharap Uniba ini bisa mewarnai pembangunan ibukota dalam bentuk Center of Excellens.

Dikatakan, seperti yang disampaikan bahwa salah satunya Green City, kemudian transformasi digital dan tentu pembangunan pembangkit berbasis rinnewbell.

“Yang akan dibangun di Kalimantan adalah haidro power, yang hilirnya bisa pengembangan industri berbasis hidrogen,” ucap Menko Perekonomian.

Untuk keseluruhan rencana ini diharapkan bisa ada fakultas study di Uniba, namun ia mendapatkan aspirasi untuk fakultas kedokteran, karena tentu kedepan juga dibutuhkan Center of Exellent di bidang kesehatan ataupun medis.

“Tentu ini tugas dari DPR untuk mendorong bahwa sekarang Indonesia, dengan adanya pandemi covid dan berbagai tantangan kedepan, Indonesia butuh tenaga kesehatan yang lebih banyak,” ujar Airlangga.

Diharapkan Uniba ikut dalam pengembangan Center of Excellent di Kalimantan dan mahasiswa-mahasiswi ada unicon-unicon baru lahir dari Uniba.

Sementara soal haidro power yang memiliki kelebihan sumber daya air, Rektornya memastikan bahwa Uniba siap mengingat rektornya ketua persatuan Insinyur Indonesia dan Kalimantan.

Apalagi dikatakan, jika Uniba adalah universitas yang sangat intens untuk mengisi apa saja yang dibutuhkan di IKN.

“Terkait visi, green, mart, ristinebell kemudian energi terbarukan, Uniba salah satu universitas terdepan karena bekerja sama dengan insinyur Indonesia dan asosiasi profesi lainnya,” jelasnya.

Lebih jauh, Ketua Badan Pembina Uniba Rendi Susiswo Ismail menambahkan, kuliah umum Uniba dihadiri langsung oleh Menko Perekonomian, meski ditengah kesibukan beliau bisa berkenan datang di kampus Uniba.

Dikatakan, bahwa ini berkat peranan dr Hetifah yang sangat luar biasa berkaitan dengan pengembangan pendidikan di Provinsi Kaltim, khususnya di Uniba.

“Dan memberikan sportif yang sangat luar biasa untuk menjadikan Uniba sebagai perguruan tinggi terbaik di Kaltim,” imbuh Rendi dalam sambutannya.

Lanjutnya, secara kualitas Uniba merupakan universitas swasta terbaik di Kaltim. Dalam kegiatan pengembangan, Uniba memiliki 8 fakultas dan 1 register. Insyaallah kedepan akan melakukan pengembangan beberapa program studi, salah satu fakultas kedokteran dengan berbagai macam latar belakang kepentingan.

Dan sekarang ditambah lagi dengan kepentingan IKN. mudah-mudahan program studi fakultas kedokteran itu bisa segera terwujud.

“Terimakasih kader Golkar, dan kehadiran pak Menko memberi dorongan kuat, sehingga tahun 2023-2024 izin operasional fakultas kedokteran sudah diterima dan bisa melakukan penerimaan mahasiswa baru,” paparnya.

Sementara soal sarana dan prasaranan sudah disiapkan. Tidak lupa ia ucapkan terima kasih kepad Menko Perekonomian yang berkenan untuk menandatangani prasasti untuk fakultas kedokteran di Uniba yang sudah terbangun sebagian. Untuk proses perkuliahannya berada di Penajam Paser Utara (PPU) yang sudah disiapkan sekitar 5 heaktare.

“Sekaligus untuk membangun rumah sakit pendidikan, karena kampus B di penajam lebih fokus untuk fakultas kedokteran dan beberapa pengembangan studi kesehatan lainnya,” tuturnya. (Mys/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *