Metro Kaltim

Meski Berpoligami, Anggota DPRD Kutai Timur H Kidang Bisa Tetap Hidup Rukun dan Tentram

Bengalon, Metrokaltim.com – Anggota dewan yang lahir dari denyut nadinya kiprah dan besar Pemuda Pancasila di Kecamatan Bengalon, menarik bagi media MetroKaltim.com dalam mengupas sisi lengkap kepribadian anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur dari Partai Politik Bekarya, sekaligus Ketua PAC PP Kecamatan Bengalon untuk itu Sabtu (16/11). Wartawan Metro Kaltim mewawancarai langsung Kidang di rumah pribadinya di Bengalon.

Kidang merupakan figur sederhana dan penuh keterbukaan, dirinya tidak sungkan mengisahkan kehidupan pribadinya terlebih dalam berpoligami.

“Saya sebelum amanah duduk tipikal saya ini keras sedikit idealis. Namun idealisnya itu untuk kepentingan masyarakat juga. Banyak sudah perhatian perusahaan-perusahaan baik yang bergerak di kelapa sawit dan pertambangan batu bara termasuk PT Kaltim Prima Coal (KPC, Red) mampu ditembusnya dalam memperjuangkan program CSR bagi pembangunan berbagai infrastruktur di kecamatannya, seperti pengerasan jalan (batu merah latrit Red), suplai akan kebutuhan listrik, air dan saya akan memperjuangkan Penerangan Jalan Umum (PJU) atau lampu jalan,” terangnya kepada media ini.

Dirinya mengakui untuk wilayah 15 desa sudah 4 desa yang turut difasilitasi beragam sarana umum.

“Memang jangkauan listrik khusus di desa-desa wilayah diakomodir melalui bantuan genset hal ini dikarenakan tidak semua jaringan listrik di pelosok-pelosok desa dapat dijangkau begitu juga dengan kebutuhan air masyarakat masih mengandalkan mesin sumur bor, atau melalui pembuatan instalasi pipa air dari beberapa sumber air yang memang masih di katakan laik dengan proses tekhnis manual atau tradisional,” tegas Kidang.

Perjalanan Kidang dalam menapaki roda kehidupan terbilang keras beberapa kali dirinya demi memperjuangkan aspirasi masyarakat memaksakan dirinya harus berbenturan atau kontak fisik itu semua baginya sebagai warna – warni dinamika kehidupan.

Pahit asam manis perjalanannya membawa seorang Kidang kian terasah kepemimpinanya sementara sepanjang hidupnya sudah 13 tahun lamanya ia hidup bersama dua istrinya (poligami) dalam satu rumah dan terbilang rukun.

Untuk itu Kidang mempersilahkan media atas ijinnya untuk dapat bertanya-tanya kepada istri pertamanya Masidah dan istri kedua Rusmini akan bahtera rumah tangganya bersama suami tercinta Kidang yang juga anggota DPRD Kutim.

H Kidang selalu berusaha adil terhadap kedua isrrinya.

Untuk itu pewarta menanyakan kepada istri pertama Kidang, Masidah pernah tidak menyangka Kidang menjadi anggota dewan?

“Yah saya sih feeling kuat yah apalagi bapak itu jiwa sosialnya tinggi, sebelum terpilih atau menjadi anggota legislatif bapak banyak menolong orang yang kesulitan terutama warga di Bengalon dan beliau itu terbilang proaktif bermasyarakat,” ujar istri pertamanya.

Ada tidak perubahan dalam diri seorang Kidang setelah menjadi anggota dewan ?ia langsung angkat bicara.

“Perubahannya saya harus siap saat ini bapak adalah milik masyarakat, dan sudah pasti sibuk mengurusi rakyat tapi kami bangga selama dipercaya rakyat sebagai pejuang aspirasi nurani orang banyak harus didukung penuh,” jelas Masidah.

Lantas bagaimana dengan istri kedua Kidang, Rusmini terkait sosok suaminya yang sukses duduk di legislatif Kutim?

“Jodoh maut semua Allah yang menentukan, walaupun saya bersama ibu Masidah harus dipoligami kami tetap akur tidak pernah ada pertengkaran bahkan tetap satu atap dan satu kamar tidur. Menunaikan ibadah haji sekalipun kami laksanakan secara bersama-sama. Bapak itu adil dan bertanggung jawab, buktinya kami sudah hampir 13 tahun bersama bapak. Rasa cemburu tidak ada karena semua selalu kami lakukan bersama – sama baik dalam keadaan suka dan duka,” timpal Rusmini.

“Terkait bapak menjadi anggota dewan saya sudah yakin dari awal bapak berjuang pasti bapak terpilih, apalagi dia itu sangat peduli kepada masyarakat di Bengalon, beliau rajin bersilaturahmi baik sebelum menjabat dewan sekalipun, banyak sudah perjuangan beliau dalam mengakomodir peningkatan sarana infrastruktur seperti jalan yang senantiasa diutamakan beliau untuk diperjuangkan,” imbuh Rusmini.

Baik Masidah dan Rusmini mengungkapkan tidak ada perubahan dari diri Kidang sejak menjadi anggota DPRD. Dia tetap peduli dengan masyarakatnya khususnya di Kecamatan Bengalon.

“Kami berdua selalu mendoakan bapak agar terus amanah dan dicintai masyarakat dan mampu bekerja sesuai dengan kewenangannya sebagai dewan, sukses selalu suamiku aamiin….,” tutur kedua Istrinya dengan kompak.

Profil Keluarga:

Nama: H Masdari Kidang
Alamat: Jalan Mulawarman RT 04 Desa Sepaso Barat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur
Istri Pertama: Mursidah
Istri Kesua: Ruamini
Anak: 16 orang
Cucu: 23 orang
Cicit: 2 orang

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *