Mitra Binaan Kilang Pertamina Unit Balikpapan Ambil Peran Dalam Coastal Clean Up di Balikpapan

Mitra Binaan Kilang Pertamina Unit Balikpapan Ikuti Coastal Clean Up di Balikpapan

BALIKPAPAN, Metrokaltik.com – Kepedulian terhadap lingkungan memerlukan dukungan dari semua pihak tanpa terkecuali. Setiap komponen masyarakat harus mengambil peran dalam upaya perlindungan lingkungan itu. Hal ini pulalah yang ditunjukkan oleh mitra binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan yang turut serta mengikuti kegiatan Coastal Clean Up, kemarin Sabtu (10/06).

Kelompok binaan PT KPI Unit Balikpapan yang turut serta yaitu Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah, Kelompok Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Masa Sejati, Kelompok Margasari Olah Jelantah (Mariojela), dan komunitas turunannya yaitu Kelompok Si Pelopor Pencegah Kebakaran (SIBA) dan Kelompok Si Pelopor Wanita Siaga Bencana (SIBA).

Kegiatan CCU yang dilaksanakan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan di Balikpapan merupakan bagian dari aksi bersih pantai yang dilaksanakan di sekitar 135 daerah di Indonesia. Aksi diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan di Balikpapan mencakup area sepanjang 10.000 meter.

Aksi bersih-bersih pantai yang dilaksanakan secara bersamaan di 6 lokasi bibir pantai di Kota Balikpapan itu diikuti sekitar 526 peserta dari 41 komunitas di Balikpapan. Aksi kali ini berhasil mengumpulkan sekitar 9,1 Ton sampah organik maupun non organik. Dari 9,1 ton sampah yang terkumpul sekitar 75% merupakan sampah organik.

Secara kesuluruhan, di area yang dibersihkan mitra binaan terkumpul sampah total 298,5 kg. Sampah tersebut terdiri dari 195 kg sampah organik 103,5 kg sampah anorganik.

Ketua KSB Margasari, Abdal yang mengikuti kegiatan mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan CCU ini. “Kami sangat senang mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan CCU ini,” kata Abdal.

Abdal menjelaskan bahwa kegiatan CCU tersebut juga sejalan dengan kegiatan yang dilakukan oleh KSB. “Kegiatan ini sejalan dengan salah satu program kerja kami yang dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan khususnya di daerah pesisir,” jelasnya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Ely Chandra Peranginangin menyampaikan apresiasinya atas peran serta kelompok mitra binaan PT KPI Unit Balikpapan pada kegiatan CCU. “Kehadiran mitra binaan pada kegiatan CCU kali ini juga menunjukkan kepedulian kelompok tidak hanya pada wilayah kelurahan dimana mereka berada, tetapi juga kepada masyarakat yang lebih luas,” kata Chandra.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata keterlibatan mitra binaan CSR dalam kontribusi menjaga lingkungan khususnya di pesisir pantai.

“Melalui kegiatan ini kita berharap aksi baik ini akan semakin menyebar dan semakin banyak melibatkan semua kelompok di masyarakat. Dan semoga peduli lingkungan menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari,” tutup Chandra. (*/ Ries).

172

Leave a Reply

Your email address will not be published.