Metro Kaltim

MTQ ke-15 Kutai Timur Digelar, Cari Qori dan Qoriah Terbaik untuk Maju ke Tingkat Provinsi

Sangatta, Metrokaltim.com – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kutai Timur ke-15, digelar di area Masjid Agung Al-Faruq, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, Kutim, pada Jumat (13/12) malam. Hadir dalam acara pembukaan tersebut Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar,MT, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang,ST.,MM, Sekertaris Daerah Drs H Irawansyah,.M.Si, Ketua DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih,SE.M.AP, Wakil Ketua I DPRD Asti Mazar,SE,.M.Si, Sekertaris DPRD Kutim Suroto,SE,.M.Si, Kepala OPD, Forkompinda, stakeholder, serta para kafilah perwakilan dari 18 kecamatan se-Kutim.

Dalam Sambutan nya ketua panita MTQ Suko Buono mengatakan, ada yang berbeda dalam gelaran MTQ kali ini dengan adanya Expo MTQ dari 18 kecamatan yang berpartisipasi diantaranya pedagang kaki lima.

“Sumber pendanaan acara ini melalui hibah dari bagian Sosial Pemkab Kutim kepada LPTQ Kutim. Kegiatan ini pun sesuai dengan visi misi kabupaten Kutim yang meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa,” ucap Suko yang juga menjabat Asisten Pemkesra Kutim.

Suko juga mengucapkan rasa terimakasih kepada mereka yang sudah berkontribusi dan memberikan perannya hingga terlaksananya acara ini.

“Untuk perlombaan MTQ tingkat Kabupaten di mulai tanggal (14/12) sampai (16/12) Dengan mempertertandingkan 14 cabang untuk mempersiapkan MTQ tingkat Provinsi kedepannya,” jelasnya.

Bupati Kutim, Ismunandar resmi membuka MTQ tingkat Kabupaten Kutim.

Selanjutnya Sekertaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Umum Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur’an (LPTQ) H Irawansyah mengatakan MTQ XV yang di adakan untuk mencari qori’ah yang terbaik dari 18 kecamatan se-Kutim.

“Yang nantinya akan mewakili MTQ tingkat Provinsi tahun 2020, yang akan di adakan daerah kota Bontang, sekaligus melaporkan jika tahun ini lomba MTQ kembali ke Kota Sangatta yang sebelumnya MTQ 2017 di Teluk Pandan serta 2018 di kecamatan Karangan,” jelas Irawansyah.

Adapun MTQ kecamatan sebelumnya digelar hampir bersamaan waktunya dengan tingkat provinsi. Di tahun 2018 qoriah terbaik yang menang saat di Karangan langsung ikut ke MTQ tingkat Provensi.

“Pada saat itu Kutim meraih tingkat ke 6 sebelumnya, semoga di tahun 2020 kita targetkan bisa 4 besar, atau bisa saja naik satu digit atau dua digit,” jelas Sekda sekaligus Ketua Umum MTQ, Irawnsyah.

Qoriah terbaik nantinya akan dilatih oleh pelatih handal. Dipersiapkan antara 4 sampai 5 bulan menuju MTQ Provinsi Bontang.

Seluruh jajaran Pemkab dan DPRD Kutim hadir dalam acara pembukaan.

Irawansyah juga mengutarakan tentunya untuk mencapai harapan tersebut perlunya kerjasama serta memberikan motivasi berupa reward. Jika saat berkompetisi di provinsi nantinya agar bisa mendapatkan reward dan hasilnya mengharumkan Kutim, dengan memberikan posisi lebih baik dalam bersaing dengan kabupaten/kota di Kalimantan Timur .

“Syukur Alhamdulillah seperti tahun lalu reward akan diberikan oleh Bupati Ismunandar kepada qoriah terbaik, jadi lomba dari penyelenggaraan MTQ ini sudah salah satu misi meningkatkan SDM iman dan taqwa memberikan generasi muda dalam belajar dalam menghafal alquran, menjadikan daerah yang agamis, kegiatan ini juga turut memberi siraman rohani kepada masyarakat dengan memberikan dukungan ke Pemkab Kutim lewat program pembangunan serta aktif bersama-sama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kutim,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga Bupati Ismunandar mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan komitmen pemerintah daerah bersama masyarakat dalam meningkatkan kualitas masyarakat yang Qur’ani serta meningkatkan Iman dan Taqwa.

“Untuk itu mari kita jadikan MTQ ini sebagai momentum dalam meningkatkan syiar Islam dan mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Bupati Ismunandar.

Dia berharap, perhelatan akbar MTQ tingkat kabupaten tersebut akan turut mencetak generasi Kutim yang qur’ani. MTQ ini digelar juga mencari bibit unggul untuk nantinya didelegasikan dalam ajang MTQ Nasional tingkat Provinsi.

“Harapan saya tentu dengan ajang MTQ ini dapat lahir bibit-bibit qori qoriah terbaik asal Kutim yang handal dan mampu bersaing di kancah yang lebih tinggi lagi nantinya,” tutup Bupati Ismunandar.

Diakhir sambutannya Bupati Kutai Timur H Ismumandar sekaligus membuka MTQ Ke- 15 dengan di tandai penekanan tombol sirene yang didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Encek UR Firgasih dan jajarannya, Seskab H Irawansyah dan jajaran ASN Pemkab Kutim, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kutim Ambotang. Dan pula disaksikan Perwakilan dari Daerah Kabupaten Wajo Sulawesi, perwakilan stakeholder, seluruh rombongan kafilah dari 18 kecamatan dan Masyarakat Kutai Timur.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *