Pangdam Vl/Mulawarman Sambut Kedatangan Presiden Tinjau Kondisi Banjir di Kalsel

Martapura, Metrokaltim.com – Presiden RI, H. Joko Widodo tiba di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka meninjau lokasi banjir. Presiden meninjau Sungai Martapura dari jembatan Pekauman di Martapura Timur, pada Senin (18/1).

Saat melakukan peninjauan, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB, Doni Monardo, Gubernur Kalsel, H Sabhirin Noor, Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Pangdam Vl/Mulawarman, Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari serta pejabat lainnya.

Derasnya arus Sungai Martapura hingga mengakibatkan Jembatan Sei Salim di Desa Benua Anyar Astambul – Mataraman ambruk diterjang oleh banjir.

“Saya sudah melihat langsubg dampak banjir disejumlah tempat di Kalimantan Selatan. Curah hujan yang sangat tinggi selama hampir sepuluh hari berturut-turut menyebabkan sungai Barito meluap. Sejumlah sarana penghubung rusak, saya telah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk memperbaiki beberapa jembatan yang runtuh, kalau bisa selesai dalam tiga atau empat hari agar mobilitas dan distribuai logistik tidak terganggu,” terang Jokowi usai meninjau banjir di Kalsel.

Selain memantau derasnya Sungai Martapura Presiden juga mengunjungi posko-posko penanganan korban banjir yang ada di Kabupaten Banjar, dan juga mengunjungi posko pengungsi di stadion Demang Lehman Martapura.

Pangdam VI Mulawarman saat mengecek dapur umum yang didirikan oleh Bekangdam Jaya.

Presiden dalam kunjungannya di stadion Demang Lehman Martapura tidak lupa menyapa kepada para pengungsi korban banjir yang selama ini berhari-hari menempati posko tersebut. Sebelum meninggalkan posko pengungsi Presiden memberikan bantuan sembako guna meringankan masyarakat terdampak banjir.

Sementara itu, Pangdam Vl/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, M.M., MTr. (han) bersama Kapolda Kalsel dan Danrem 101/Antasari juga melakukan pengecekan dapur umum yang didirikan oleh Bekangdam Jaya dalam membantu penanganan masyarakat korban banjir. “Kami dari Kodam VI Mulawarman berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat korban banjir di Kalsel ini,” timpal Heri.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *