Pantun Gultom: Gelar Operasi Pasar Untuk Mendukung Pengendalian Inflasi Menjelang Ramadhan

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Kenaikan harga bahan pokok kerap menjadi isu yang perlu diantisipasi menjelang bulan suci ramadhan. Menjelang bulan puasa kondisi harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat kota Balikpapan masih terpantau stabil dan terkendali.

Meskipun terpantau stabil, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan perlu melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok, dan melaksanakan operasi pasar untuk mendukung pengendalian inflasi menjelang bulan Ramadhan.

Terkait dengan hal itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Pantun Gultom menjelaskan, meskipun upaya sudah dilakukan, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya inflasi pihaknya akan menganalisa kembali ketersediaan sembako pada distributor di pasaran.

“Untuk ketersediaan barang, kuncinya stok tersedia dan cukup, otomatis harga akan relatif terkontrol,” kata Pantun kepada awak media, Selasa (14/3/2023).

Lanjutnya, terutama yang menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat seperti telur, beras, gula dan minyak goreng yang biasanya mengalami kenaikan harga menjelang puasa.

“Maka itu perlu dilakukan sidak ke pasar untuk bisa memantau bahan pokok hingga harganya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, ia menuturkan, bahwa fenomena kenaikan harga di bulan Ramadan bersifat sementara. Namun, jika hal ini disebabkan karena kelangkaan barang, Pemerintah harus melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya inflasi.

Untuk itu, jajaran pemerintah terkait diminta berperan aktif untuk melakukan pemantauan harga dan masyarakat diimbau untuk tidak panik.

“Apalagi moment seperti itu juga rawan dimanfaatkan orang untuk melepas barang-barang yang sudah mendekati masa expaire. Hal seperti ini yang perlu di monitoring,” paparnya. (mys/ries)

179

Leave a Reply

Your email address will not be published.