Partisipasi LPM Gunung Samarinda Menekan Angka Covid-19, Dengan Rutin Melakukan Penyemprotan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Wabah pandemi covid-19 tidak hanya menjadi perhatian Pemerintah Kota Balikpapan, tetapi juga menjadi perhatian Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara.

Apalagi sudah ada beberapa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19, salah satunya yang terakhir yakni PPKM Skala Mikro. Dengan pemberlakuan PPKM Skala Mikro, LPM Gunung Samarinda tidak pernah berhenti melakukan penyemprotan disinfektan ke wilayah RT yang terpapar covid-19 maupun tidak.

“Apalagi penyemprotan ini juga sesuai dengan permintaan RT, yang mana dari informasi itu tim LPM langsung terjun ke lapangan untuk penyemprotan,” ucap Ketua LPM Gunung Samarinda Halili Adi Negara saat dikonfirmasi Metrokaltim.com, Selasa (16/2).

Sampai sejauh ini, kegiatan penyemprotan sudah dilakukan sekitar 8 bulanan sejak Balikpapan di landa pandemi covid-19, dan itupun dilakukan setiap hari meski tidak ada laporan dari ketua RT.

Penyemprotan disenfektan di RT 51 Gunung Samarinda, Balikpapan Utara.

Halili yang juga Ketua RT 51 Gunung Samarinda mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan Gunung Samarinda. Selain penyemprotan, LPM dan kelurahan juga rutin melakukan sosialisasi kepada warga untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Penyemprotan inipun menggunakan dana LPM dan dana pribadi, bahkan sampai dana pribadi dikeluarkan belum ada bantuan dari pemerintah,” papar Ketua RT 51 Gunung Samarinda.

Dikatakannya, dengan penyemprotan ini, ia berharap mudahan wabah covid-19 yang melanda Balikpapan, khususnya Gunung Samarinda bisa segera berlalu dan masyarakat bisa kembali beraktifitas normal.

Tempat terpisah Lurah Gunung Samarinda Tarso sangat mengapresiasi kinerja LPM dalam menekan angka terkonfirmasi positif. Apalagi penyemprotan rutin dilakukan setiap hari.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *