Launching Puspaga Harapan V, Bertujuan Untuk Melatih Keluarga

Balikpapan, Metrokaltim.com – Wali kota Balikpapan HM Rizal Effendi melaunching Puspaga Harapan V di Puskesmas Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Selasa (16/2) pagi.

Dalam sambutannya, Rizal menyampaikan, bahwa Puspaga Harapan V ini diharapkan bisa mempermudah pelayanan pusat pembelajaran keluarga atau Puspaga yang bertujuan untuk melatih keluarga. Baik yang sudah berkeluarga, maupun calon keluarga.

“Ini terkait bagaimana pola asuh dan tumbuh kembang anak yang bertujuan untuk menghindari keluarga salah asuh, oleh karena itu nomenklatur ini berada dibawah DP3AKB. ini salah satu yang terbaik di tingkat nasional,” ucap Rizal saat sambutan.

Berkaitan dengan covid-19, diharapkan masyarakat siap dengan berbagai perubahan yang terjadi di keluarga, karena situasi berubah total bisa membuat keluarga makin dekat namun bisa juga ada ketidakcocokan.

“Bukan hanya protokol kesehatan, pola pengasuhan anak juga berubah. Puspaga penting karena memiliki pola pendekatan konseling dan konsultasi,” jelasnya.

Tempat yang sama Kepala DP3AKB Sri Wahjuningsih menjelaskan, keberadaan Puspaga terutama dengan dibukanya Puspaga Unit V ini akan menjadi bagian dari strategi pihak dalam mengawal, supaya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak atau dalam rumah tangga bisa ditekan.

Wali kota Balikpapan HM Rizal Effendi melaunching Puspaga Harapan V di Puskesmas Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat.

“Karena untuk kasus di Balikpapan Barat, dari data kami ada tiga. Kami harap nantinya keberadaan Puspaga Harapan V bisa jadi bagian akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan konseling dari para psikolog kami,” papar Yuyun panggilan akrabnya.

Dijelaskannya, dengan adanya keterbatasan tenaga psikolog yang dimiliki yakni baru dua orang, akhirnya harus dibagi di lima unit yang ada.

“Kami jadwalkan untuk Puskesmas Baru Tengah ini mendapatkan layanan pada minggu ke-4 di hari Rabu. Mulai pukul 08.30-15.00 Wita,” katanya.

Saat ini baru ada lima Puspaga Harapan di kota Balikpapan, yakni di kantor DP3AKB, kawasan Puskesmas Sepinggan, kantor Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, dan Puskesmas Baru Tengah, Balikpapan Barat.

Kepala Puskesmas Baru Tengah drg Rulida Osma Marisya melanjutkan, layanan psikolog ini salah satu penambahan pelayanan di Puskesmas Baru Tengah. Dengan layanan ini, harapannya bukan hanya kesehatan fisik yang terjangkau, tetapi juga bisa mengait kesehatan mental.

“Karena kesehatan itu bukan hanya dari segi fisik, tetapi juga dari sosial dan mental. Kami berharap ini tidak hanya dimanfaatkan Puskesmas Baru Tengah, tetapi seluruh masyarakat Balikpapan Barat,” ungkap Rulida.

Bahkan Puskesmas sudah melakukan konseling remaja dari tahun 2017 lalu. Meski memang dari beberapa remaja yang ditemukan itu ada berapa yang sudah mulai merokok hingga menghirup lem. Maka dengan adanya psikolog ini bisa mengingatkan remaja.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *