PBSI Cari Atlet Muda Untuk Mengikuti Kejurprov di Bontang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kota Balikpapan gelar Kejuaraan kota (Kejurkot) Bulu Tangkis di Balikpapan yang berlangsung sejak 21-24 September, tepatnya di Gedung Hevindo MT Haryono, Balikpapan Kota.

Ketua Panitia Kejurkot Bulu Tangkis yang sekaligus Ketua Harian PBSI Balikpapan H Sugianto menjelaskan, kejuaraan ini sebenarnya sudah digagas mulai Februari 2021 lalu, yang mana saat itu pihaknya akan melaksanakan Balikpapan Open dalam Rangka HUT Kota, namun mengingat saat itu kondisi pandemi covid-19 sehingga pelaksanaan diundur.

“Karena pelaksanaan diundur, terpaksa kita bikin namanya kejuaraan kota saja,” ucap Sugianto usai penyerahan hadiah, Jumat (24/9) sore.

Ia memaparkan, diadakan Kejurkot ini selain untuk berlatih juga untuk mencari atlet muda yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) di Bontang. Dari Kejurkot ini mereka yang berhasil masuk ke juara 1, 2 dan 3 akan dikirim ke Bontang mewakili Balikpapan, untuk mengikuti Kejurprov hingga Nasional.

“Mudah-mudahan siapapun pemenang dari kejuaraan ini, akan dikirim oleh Provinsi sampai tingkat Nasional,” ujar Ketua PBSI Harian.

Sementara dalam kejuaraan ini ada beberapa kategori yang mengikuti, mulai dari usia dini, remaja, pemula, muda, taruna sampai dewasa. Dan untuk peserta yang akan dikirim secara resminya pada kategori taruna dan dewasa. Tetapi karena disana akan diadakan mulai dari usia dini, maka itu pihaknya akan kirim semua.

“Namun biasanya yang dibiayai oleh PBSI hanya taruna dan dewasa. Yang lain mereka akan dibiayai oleh club masing-masing,” tegasnya.

Untuk kesiapan melangkah ke Kejurprov, Gianto mengatakan, setiap atlet akan melakukan kesiapan fisik, bahkan biasanya pihaknya melakukan Training Center (TC), karena pandemi covid-19 maka sebagainya melalui klub masing-masing. Hal ini untuk menghindari perluasan rentannya bahaya Covid-19.

Salah satu peserta Ganda Putra yang berhasil meraih Juara 1 dari kategori dewasa, Rian merasa sangat senang karena pelaksanaan kejuaraan Bulu Tangkis yang sudah dinanti-nanti sejak lama akhirnya bisa terlaksanakan.

Selain bisa mengikuti kejuaraan ini, ia juga sangat senang karena bisa memenangkan kejuaraan tingkat kota dan bisa maju ke tingkat Provinsi.

“Perasaan saya pasti senang, bersyukur karena bisa juara. Tadi main sih lumayan agak tegang, yang penting bisa menyesuaikan dilapangan,” senangnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *