Peduli Keselamatan Nelayan dan Dorong Produktifitas, Apical Group Fasilitasi Pelampung

Balikpapan, Metrokaltim.com – Upaya keselamatan para nelayan di Balikpapan menjadi suatu keperihatinan bagi Apical Group yang beroperasi di Balikpapan. Apical Group yang tergabung dalam perusahaan grup RGE bersama dengan KSOP Balikpapan memfasilitasi baju pelampung (life jacket) sebanyak 95 buah untuk mendorong produktifitas para nelayan di masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 95 pelampung disalurkan untuk dapat digunakan oleh nelayan di pesisir Balikpapan sebagai upaya keselamatan terutama dalam mengantisipasi kecelakaan di laut. Bantuan ini merupakan dukungan program Syahrani (Syahbandar Melayani) di Bidang Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) yang dipantau secara langsung untuk memonitor letak kapal para nelayan di perairan.

“Pada masa pandemi seperti saat ini, banyak masyarakat yang memerlukan bantuan yang tidak terbatas hanya pada fasilitas kesehatan dan bahan baku saja. Kami melihat ada penurunan tingkat ekonomi masyarakat khususnya nelayan. Tergerak dari inilah, donasi yang kita berikan diharapkan dapat memberikan perlindungan keamanan di saat mereka kerja, selain itu juga menjadi motivasi positif bagi mereka di masa seperti sekarang ini,” ungkap M Jaya Budiarsa, Head of Social Security and Licensi, Apical Group di Balikpapan.

Menanggapi semangat positif ini, Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M Takwim Masuku melakukan revitalisasi langsung bantuan tersebut di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Balikpapan. Salah satu rencana kedepannya adalah untuk membuat terminal khusus bagi para nelayan yang belum memiliki pelampung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan dari PT Kutai Refinery Nusantara selaku unit operasi Apical Group di Balikpapan dalam pemberian pelampung. Donasi ini sangat dibutuhkan nelayan karena pekerjaan mereka membawa risiko besar untuk pelayaran yang cukup jauh apalagi tanpa perlindungan keselamatan. Dengan membawa perlengkapan jaket pelampung ini, kami berharap para nelayan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga berdampak pada meningkatnya produktivitas hasil tangkapan ikan mereka,” ujar Takwin.

Program yang di rancang untuk memberikan bantuan masyarakat sekitar disaat pandemi merupakan bentuk kepedulian Apical Group sesuai dengan semangat kampanye Apical Peduli.

(*/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *