Metro Kaltim

Peduli Lingkungan, Polda Kaltim Tanam 3.000 Pohon

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur secara serentak melakukan penanaman pohon di Balikpapan Timur pada , Jumat (10/01) pagi pukul 08.00 wita.

Penanam pohon yang di lakukan secara serentak ini merupakan program penghijauan dari Kapolri Jendral Idham Aziz, untuk kelangsungan hidup yang akan datang.

Sebanyak 3000 bibit pohon buah dari berbagai jenis di lakukan penanaman. Lokasi penanaman sendiri dilaksanakan di belakang Mapolsek Balikpapan Timur.

Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Muktiono mengatakan, penanaman yang di lakukan ini secara serentak, di seluruh Indonesia, ada 3.000 jenis tanaman pohon yang di tanam, dari pohon Pete, jengkol mangga, durian dan lain-lain.

“Kita sudah melakukan penanaman pohon sudah yang ke tiga kalinya, dari Mak Brimob Kompi C Kilometer 13, Pohon bakau di kawasan pantai Lamaru dan sekarang ini di Mako Polsek Balikpapan Timur,” jelas Muktiono.

Penamaan secara simbolis di lakukan oleh Kapolda Kaltim Irjen pol Muktiono beserta istri, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Edi Tambunan beserta istri, Pejabat Utama Polda Kaltim, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi beserta Istri, serta para Bhayangkari lainnya di jajaran Polda Kaltim.

Irjen Pol Muktiono menjelaskan, penanaman pohon yang di lakukan bukan hanya sekedar di tanam, namun harus di rawat sehingga tumbuh dan bisa di manfaatkan oleh anak cucu kita nantinya.

“Harus di rawat, jadi tidak sekedar di tanam saja, sehingga bisa tumbuh dan bisa di manfaatkan nantinya oleh anak cucu kita kelak,” ungkapnya.

Selain untuk penghijauan, lanjut Jendral Bintang Dua ini, pohon yang ditanam ini juga bertujuan untuk penghijauan, bisa menyaring udara kotor, sehingga dengan adanya Penghijauan udara yang ada bisa menjadi bersih juga.

Dengan penghijauan yang di lakukan oleh Polda Kaltim bisa menjadi contoh di seluruh Indonesia dan instansi lainnya untuk terus melakukan penanaman dan merawat pohon sehingga lingkungan menjadi asri dan hijau.

” Kegiatan ini terus berlanjut, tidak hari ini saja, kita terus melakukan penanaman di daerah atau lokasi yang memang harus di hijaukan,” ucapnya.

Dalam penanaman pohon yang di gelar di belakang Mapolsek Balikpapan Timur ini tampak juga hadir Walikota Balikpapan Rizal Effendi serta jajaran forkopimda Balikpapan yang ikut secara bersama-sama menanam pohon.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *