Pembelian Bahan Pokok Jelang Ramadhan Ada Penambahan, Parlindungan: Ini Semacam Rutinitas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kebutuhan bahan pangan menjelang bulan Ramadhan maupun IdulFitri memang ada kecenderungan harga pada bahan-bahan pokok di kota Balikpapan. Hal ini dikarenakan permintaan konsumen lebih meningkat dari sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD kota Balikpapan Parlindungan memaparkan, permintaan bahan pokok di setiap suppliernya sebenarnya normal, namun karena tingginya minat masyarakat untuk membeli dengan jumlah banyak, membuat stok barang terkadang cepat habis.

Selain itu, hal ini juga berpengaruh dengan data statistik yang ada di Balikpapan, mengingat masih banyak data pendatang KTP non Balikpapan.

“Sehingga pada saat kita menyusun statistik kebutuhan pokok masyarakat berdasarkan dari jumlah penduduk Balikpapan, tidak sesuai jumlahnya,” ucap Parlindungan saat ditemui awak media diruang Komisi IV DPRD Balikpapan, Selasa (15/3/2022).

Tidak hanya itu, hal ini memang semacam rutinitas dari masyarakat menjelang Ramadhan atau Idul Fitri, yang mana ada penambahan pembelian bahan pokok. Maka itu bahan pokok tidak berimbang, dan ini akan membuat harga mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga bukan dari distributor, tetapi dari warung-warung yang berinisiatif menaikkan harga,” jelas. Parlindungan.

Dan ia meminta kepada masyarakat untuk bisa membeli bahan pokok secukupnya saja, sehingga ketersediaan bahan pokok bisa stabil.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *