Pemkab Kutim Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Warganya, Dampak dari Pandemi Virus Corona

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Peluncuran Program bantuan sembako secara simbolis berlangsung di gudang Dinas Sosial yang langsung oleh Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar MT, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang,ST MM, Sekda Drs H Irawansyah, Kajari Setiyowati SH, Ketua PN Rahmad Sanjaya, Kapolres AKBP Indras Budi Purnomo, Dandim 0909 Letkol CZI Pabate, Danlanal Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho, dan seluruh jajaran.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan rasa syukur dan meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan Corona virus Disease (covid-19), dengan kerja keras para tim relawan Tagana dari Dinsos serta seluruh yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial, saat di sampaikan pada Sabtu (4/4) di gudang Dinsos Jalan I. A. Muis Sangatta Selatan.

“Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur atas kehadiran Allah pada hari ini Kabupaten Kutai Timur didukung bapak, ibu semua terutama kawan-kawan dan saudara Jami DS Kepala Dinas Sosial yang bekerja keras mewujudkan pembagian sembako karena dampak covid 19,” terang Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar secara simbolis meluncurkan bantuan sembako untuk masyarakat dalam rangka penanganan covid-19.

“Saya mengikuti dalam forum bupati/walikota ternyata belum semua melakukan hal serupa di semua kabupaten/kota seluruh indonesia. Pada hari ini kita melakukan apa yang di sampaikan oleh bapak Jokowi bukan hanya penanganan covid 19 saja, tetapi bantuan masyarakat yang mengisolasi diri bagi mereka bekerja harian itu perlu mendapat bantuan dari pemerintah hari ini juga kita wujudkan,” sambung Bupati Kutim ini.

Ismunandar menjelaskan dengan adanya program ini semoga bermanfaat bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan, dan memang tepat sasaran pembagian sembako ini, karena juga melibatkan aparat dan langsung di antar ke rumah warga yang menerima bantuan.

Dalam kesempatan itu juga kepala Dinas Sosial memberikan laporan bahwa beberapa bahan pokok yang di pesan mulai langka, tapi pihaknya akan tetap berupaya untuk mendapatkan bahan pokok buat bantuan ke masyarakat, ada 18 ribu Kepala Keluarga yang akan menerima bantuan sembako dalam tiga bulan di bagikan khusus di Sangatta Utara.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang turut ikut dalam peluncuran ribuan paket sembako ke warga Kutim.

“Kami juga memesan beras sebanyak 70 ton juga Indomie dari Banjarmasin 7 ribu dos Beras lokal dari kecamatan Kaubun juga sudah kami pesan, dan beberapa kecamatan lainya yang memproduksi beras. Sedikit susah minyak goreng. Tadi Bupati mengatakan akan bekerja sama dengan perusahan sawit yang memproduksi minyak goreng,” kata Kadinsos Jami.

Selanjutnya Wakil Bupati Kasmidi Bulang menambahkan kegiatan ini bagian dari intruksi dari presiden ke Provinsi, Kabupaten dan kota, kebetulan juga pihaknya sudah melakukan telekonference kemetrian keuangan bahwa dibolehkah menggunakan anggaran, yang di gunakan untuk kegiatan penanganan penanggulangan covid 19.

“Alhamdulillah sudah terlaksana pembagian sembako berapa ribu sudah kita bagikan, dan terus kita pantau saja serta berpikir positif mudah-mudahan masyarakat kita yang mengisolasikan diri atau dampak dari covid 19 ini agar mereka merasa bahwa pemerintah memperhatikan,” timpal Kasmidi.

Pembagian sembako ini dilakukan bertahap ke 18 kecamatan di Kabupaten Kutim. “Dan saya juga mengimbau kepada masyarakat tetap di rumah saja sampai ada informasi dari negara Indonesia ini bebas dari covid 19, karena kalau belum ada intruksi ini kita harus tetap waspada dan tetap jaga kebersihan diri,” tutup wabup Kasmidi Bulang.

(adv/rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *