Pemkot Masih Menunggu Arahan Pusat Terkait Perubahan Kasus Pandemi Menjadi Endemi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akan mengubah status pandemi covid-19 menjadi endemi. Hal ini direspon dengan baik oleh Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

“Ada kode dari Menkes, bisa saja pandemi statusnya dirubah menjadi endemi. Dan kalau memang status menjadi endemi itu bisa berjalan, maka saya bisa ucapkan Alhamdulillah dan kita bisa berjalan normal kembali,” ucap Rahmad Masud saat ditemui awak media di Aula Pemkot, Senin (7/3/2022).

Dikatakan, bahwa dirinya masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat terkait rencana pemerintah pusat yang akan mengubah status pandemi covid-19 menjadi endemi.

“Kami saat ini masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Termasuk wacana peniadaan kewajiban karantina,” jelasnya.

Pemkot Balikpapan mulai melonggarkan aktifitas di masyarakat meskipun berada di PPKM level 3. Hal ini dikarenakan kasus covid-19 mengalami penurunan. Ia mengajak semua masyarakat untuk selalu berdoa agar pandemi segera berakhir.

“Kasusnya turun dan kehidupan kita bisa kembali berjalan dengan normal,” paparnya.

Rahmad menyampaikan, kondisi di Balikpapan sudah mulai membaik, pihaknya telah memberikan kebijakan kelonggaran meski masih dalam PPKM level 3. Seperti kelonggaran aktivitas maksimal 50 persen, baik untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah ataupun kegiatan di masyarakat.

“Sekolah sudah kita buka 50 persen, termasuk aktifitas di masyarakat. Tempat wisata juga. Longgarkan sedikit,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.