Penanganan Covid-19 di Samarinda Jadi Program Prioritas Andi Harun-Rusmadi Wongso

Samarinda, Metrokaltim.com – Diawal masa jabatannya sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Rusmadi Wongson, sejumlah program prioritas telah disiapkan. Salah satunya penanganan covid-19.

Rusmadi Wongso mengatakan di hari pertama bekerja dia ingin mengetahui apa saja yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu dalam penanganan covid-19.

“Kita ingin tahu apa yang sudah dilaksanakan pada 2020 lalu karena ini kan banyak rupiah,” terang Rusmadi usai menggelar rapat internal Pemkot Samarinda yang dipimpin langsung oleh Walikota, di ruang rapat Walikota Samarinda Jalan Kesuma Bangsa No 1, pada Senin (1/3).

Dia juga ingin memastikan penurunan angka penularan covid-19 di Samarinda apakah merupakan peran aktif dari instrumen pemerintah.

“Sudah jelas tadi arahan pak Wali kota kita masuk di era baru penanganan Covid-19 jadi prioritas kita memang pertama terkait dengan pencegahan, yaitu dengan menegakkan disiplin prokes, kemudian terkait penanganan terutama dampak sosial dan ekonomi,” paparnya Rusmadi.

Selain itu perlunya pembatasan hingga ke tingkat mikro dan pembentukan kampung tangguh, yang diharapkan dapat melibatkan masyarakat secara langsung untuk bersama-sama memerangi wabah Covid-19.

“Pencegahan Covid-19 saat ini kita masuk ditingkat mikro, jadi ada pembatasan untuk kegiatan masyarakat yaitu instrumennya melalui kampung tangguh, karena yang paling penting ada partisipasi dari masyarakat artinya kita semua sadar bahwa virus ini kita tidak panik maupun sombong. Kita akan lakukan penindakan,” katanya.

Di tempat yang sama, Walikota Samarinda, Andi Harun mengungkapkan Pemkot Samarinda berencana rapat bersama Satgas Covid-19 untuk meningkatkan intensitas penanganan Covid-19 di Kota Tepian.

“Tunggu dalam satu dua hari ini, besok kita akan melakukan rapat dengan satgas Covid-19. Kami ingin pemerintah menjadi benar-benar fasilitas yang konkret terhadap penanganan Covid-19. Selebihnya saya minta teman-teman jurnalis dan seluruh dukungan masyarakat Samarinda untuk menjadikan Samarinda tangguh terhadap Covid-19,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *