Pengembangan Wisata Dimasa Pandemi, DPRD Paser Kunker ke Kemenparekraf

Tana Paser, Metrokaltim.com – Wakil Ketua DPRD Paser, Fadly Imawan, beserta Komisi II melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Kamis (18/3) lalu.

Kedatangan Fadly bersama dewan lainnya, yakni Abdul Aziz Yairus Pawe, Elly Ermayanti, Arlina, Supian dan Sri Nordianti, terkait pengembangan pariwisata dalam masa pandemi Covid-19. Rombongan wakil rakyat Kabupaten Paser ini, diterima dengan penuh kehangatan oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Wawan Gunawan.

Dikatakan Fadly Imawan, jika Kemenparekraf meminta destinasi wisata untuk lebih dikembangkan lagi. Apalagi Kabupaten Paser memiliki banyak wisata, salah satunya Gunung Boga atau lebih dikenal Gunung Embun.

“Bagaimana memaksimalkan pengelolaan objek wisata yang ada. Kemi meminta pemerintah daerag dan pusat memberikan perhatian lebih,” kata Fadly Imawan, saat dikonfirmasi, Senin (22/3).

Dalam pengelolaan objek wisata, pemerintah pusat mempunyai kebijakan, baik skala prioritas, super prioritas. Dijelaskan Fadly, sebagai Penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru, tentunya ada arahan khusus terkait pengembangan objek wisata.

Setidaknya tiga konsep yang dipaparkan Kemenparektaf terkait tatanan baru. Yakni inovasi, adaptasi, kolaborasi. Dan disampaikan pula untuk melakukan pengembangan melalui Coorporate Social Responsibility (CSR). Pilihan lain, untuk menarik minat wisatawan, yakni memunculkan sesuatu keunikan dari wisata itu.

“Seperti kuliner atau objek khas yang menarik minat pengunjung. Karena pastinya wisatawan mencari yang berbeda dari wisata lainnya,” sebut dia.

Ia pun meminta Kemenparekraf mendukung destinasi wisata yang berada di Kabupaten Paser. Dikatakannya DPRD akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Supaya program mereka (Disiporapar) menjadi perhatian dan skala prioritas dari Kemenparekraf,” pungkasnya.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *