Hadiri Panen Cabai Bersama Kelompok Tani, Rusmadi Wongso Minta Tingkatkan Hasil Pertanian

Samarinda, Metrokaltim.com – Kelompok Tani Karya Mandiri Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, melakukan panen cabai, pada Senin (23/3). Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso.

Kehadirannya sebagai bentuk dukungan langsung terhadap petani cabai agar terus meningkatkan hasil pertaniannya, apalagi saat ini harga cabai di pasaran mengalami kenaikan.

Orang nomor dua di Kota Tepian ini menyebut cabai merupakan komoditas strategis, apalagi saat ini menjelang Idul Fitri, oleh karena itu pemerintah harus memberikan perhatian serius khususnya untuk petani cabai.

“Cabai merupakan komoditas strategis yang dikonsumsi setiap hari, kami akan memberikan perhatian serius terhadap para petani cabai, agar kebutuhan cabai di Kota Samarinda terpenuhi,” ungkap Rusmadi Wongso usai melakukan panen cabai.

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso saat panen cabai di Simpang Pasir.

Dia menjelaskan, selama ini cabai didatangkan dari luar daerah, hal tersebut dikarenakan kurangnya pasokan dari petani lokal. Oleh karena itu Pemkot Samarinda memiliki komitmen untuk menjadikan cabai sebagai salah satu komoditas yang akan di suplay oleh petani lokal, apalagi menurutnya menanam lombok sangat mudah dilakukan.

“Kita memiliki komitmen agar cabai ini bisa di suplay oleh petani lokal kita, dan menanam lombok ini sangat mudah, bisa dilakukan oleh ibu-ibu, kalau setiap rumah tangga menanam lombok, paling tidak kalau harganya naik itu bisa mengurangi pengeluaran kita, sehingga cabai yang di pasar itu hanya untuk kebutuhan warung makan dan yang sifatnya skala besar,” paparnya.

Ada keluhannya petani terkait akses jalan yang tidak mendukung serta lahan yang masih kurang, Rusmadi berjanji akan segera memperbaiki infrastruktur tersebut.

“Kalau sudah bicara pertanian, apalagi soal lahan-lahan produktif, karena kita menginginkan pasokan dari lokal, mau tidak mau kita harus membenahi semuanya, terutama infrastruktur” tandasnya.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *