Penyaluran Dana Bergulir Tahap Dua Sebesar Rp 2,75 Miliar Sukses, Program Kemitraan Pertamina dan Iwapi Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Setelah sukses pada tahap pertama penyaluran dana program kemitraan CSR & SMEPP PT Pertamina Regional Kalimantan dengan DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Balikpapan beberapa waktu lalu. Pada Rabu (9/9) penyaluran dana bergulir tahap kedua kembali disalurkan kepada 25 anggota Iwapi yang memiliki Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Total dana yang disalurkan pada tahap dua ini sebesar Rp 2,75 miliar.

Ketua DPC Iwapi Kota Balikpapan, Hj Ernawaty Gafar SE mengatakan penyaluran dana bantuan ini kelanjutan dari tahap pertama pada bulan Juli 2020. “Pada tahap pertama total penyaluran dana sebesar Rp 1,375 miliar, Alhamdulillah pada tahap kedua ini total penyaluran dana bantuan sebesar Rp 2,75 miliar, berjalan lancar dan sukses,” ungkap Ernawaty.

Erna sapaan akrabnya, program bantuan dari PT Pertamina jni sangat lunak dan mudah, serta sangat membantu para pelaku UMKM khususnya anggota Iwapi Balikpapan di tengah masa pandemi seperti saat ini.

“Dan pastinya menambah semangat baru para UMKM untuk bisa lebih eksis lagi dalam mengembangkan usaha-usaha mereka. Saya selaku Ketua Iwapi Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada Tim CSR dan SMEPP PT Pertamina Region Kalimantan, yang sudah mensuport para pelaku UMKM Balikpapan ini. Semoga kemitraan ini terus terjalin dengan baik kedepannya,” ujarnya.

Officer CSR & SMEPP PT.Pertamina Region Kalimatan, Silvani Maiyestuhariani, secara simbolis menyerahkan bantuan dana bergulir kepada Ketua Iwapi Kota Balikpapan Hj Ernawaty.

Dalam penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Head section CSR & SMEPP PT. Pertamina Region Kalimantan, Edward Manaor Siahaan dan Officer CSR & SMEPP PT.Pertamina Region Kalimatan, Silvani Maiyestuhariani, kepada Ketua Iwapi Kota Balikpapan Hj Ernawaty beserta para pelaku UMKM yang tergabung dalam organisasi Iwapi Balikpapan.

Untuk diketahui, setelah adanya MoU berupa program kemitraan Pertamina dengan Iwapi DPC Balikpapan. Penyaluran berupa bantuan dana bergulir tahap pertama pun mulai dilakukan dengan ditandai akad antar kedua belah pihak, pada Rabu (15/7) lalu, di kantor MOR Pertamina Balikpapan.

Program kemitraan ini merupakan perwujudan dari CSR Pertamina untuk pemberdayaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Balikpapan, khususnya bagi para UMKM yang tergabung dalam organisasi Iwapi.

Program kemitraan yang dilakukan Pertamina ini sudah lama berjalan, akan tetapi dengan organisasi Iwapi ini baru yang pertama Kalimantan, bahkan secara nasional. Tentunya ini menjadi percontohan bagi Iwapi di provinsi lain maupun di Indonesia.

Dalam program bantuan dana bergulir yang diterima oleh pelaku UMKM yang tergabung dalam Iwapi mencapai Rp 3,6 miliar. Pada tahap pertama lalu penyaluran dana sebesar Rp 1,375 miliar, untuk 25 anggota Iwapi Kota Balikpapan.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.