Jumlah Penerbangan di Bandara SAMS Amblas akibat Pandemi, Lion Air Buka Rute Balikpapan-Berau

Balikpapan, Metrokaltim.com – Lion Air Group bersama PT Angkasa Pura I (Persero) resmi membuka rute penerbangan ke Balikpapan-Berau dan sebaliknya pada Rabu (9/9). Rute terbaru dari Lion Air ini diharapkan mampu memperbaiki jumlah penerbangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, yang terpuruk akibat adanya pandemi Coronavirus disease 2019 (COvid-19).

Namun tidak setiap waktu Lior Air akan mengudara ke daerah tersebut. Setiap hari, pesawat berlogo singa merah itu hanya melayani sekali penerbangan, yaitu, pukul 08.20 Wita dari Balikpapan ke Berau dan pukul 10.00 Wita dari Berau menuju Bandara SAMS.

“Hari ini kami membuka rute baru di Kalimantan Timur, yakni daerah Balikpapan dan Berau, sehingga menjadi pilihan yang lebih banyak menggunakan pesawat Lion Air,” kata Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Disadari Danang, program teranyar Lion Air ini tidak akan berjalan mulus tanpa ada dukungan dari berbagai pihak. Dengan begitu, dia berharap semua pihak, mulai dari Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara SAMS, Otoritas Bandara wilayah VII Balikpapan sebagai regulator hingga AirNav dan lain-lainnya, bisa mendukung Lion Air untuk melancarkan program tersebut.

“Harapan saya semoga dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat sehingga nantinya tingkat keterisian bisa lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Bandara SAMS, Barata Singgih Riwahono menyambut positif Lion Air bisa mengudara dari Balikpapan ke Berau dan sebaliknya. Dia berharap, rute tersebut bisa meningkatkan kembali nilai ekonomi dari sektor penerbangan yang terpuruk akibat dampak sosial pandemi Covid-19.

“Dari awal pandemi dinyatakan, seluruh dunia termasuk Indonesia, terdapat penurunan (jumlah penerbangan). Namun kami terus berusaha meningkatkan traffic penerbangan meskipun perlahan,” katanya.

Animo masyarakat masih tinggi untuk melakukan penerbangan, namun masih ada syarat terbang yang harus dipenuhi.

Untuk diketahui, sejak Covid-19 mewabah di Indonesia pada Maret lalu sampai sekarang, Bandara SAMS sudah melayani 12.899 pergerakan pesawat, 928.294 penumpang dan lebih 20,6 juta kilogram barang di sektor kargo bandara. Kemudian, Bandara SAMS juga melayanai penerbangan rute favorit, seperti Jakarta, Surabaya dan Makassar.

(sur/idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *