Peresmian Sekretariat LPM Gunung Samarinda, Halili : Berharap Menjadi Motivasi LPM se-Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara (Balut) menggelar Peresmian Kantor Sekretariat LPM dan Bank Sampah Gunung Samarinda, Rabu (2/2/2022).

Peresmian dilakukan oleh Camat Balut Mahendra didampingi Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kota Samarinda, Anggota DPRD Balikpapan, LPM Gunung Samarinda, LPM Kota Balikpapan dan Lurah se-Balikpapan.

Ketua LPM Gunung Samarinda Halili Adi Negara menjelaskan, sebelum peresmian, Sekretariat LPM ini memiliki perjalanan yang cukup panjang. Dan dibawah kepemimpinannya selama 3 tahun, akhirnya pembangunan sekretariat diresmikan.

Ditahun 2021 kemarin pun, LPM Gunung Samarinda juga sudah sukses membangun bak sampah diwilayah Kampung Timur.

“Dilanjutkan tahun 2022 ini kita meresmikan sekretariat LPM dan Bank Sampah Gunung Samarinda,” ucap Halili Adi Negara disela peresmian, Rabu (2/2/2022).

Sementara anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan sekretariat LPM ini ada tiga tahapan, pertama Rp 200 juta, kedua Rp 200 juta dan ketiga Rp 500 juta, totalnya kurang lebih Rp 900 jutaan.

“Ditambah dengan uang pribadi juga. Jadi tidak serta merta biaya dari anggaran Pemerintah Provinsi,” akunya Halili di depan awak media.

Tidak lupa, dirinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi yang telah memberikan bantuan anggaran dan memfasilitasi pembangunan Sekretariat LPM Gunung Samarinda.

Ia berharap sekretariat LPM ini menjadi motivasi LPM se-Balikpapan, maka itu ia mengundang seluruh Ketua LPM se-Balut, LPM Baru Ilir, LPM kota dan LPM Timur.

“Agar mereka bersinergi dan bersemangat untuk bisa memiliki sekretariat LPM seperti ini,” imbuhnya.

Pembangunan Sekretariat LPM ini pertama di Balikpapan, ia berharap mudah-mudahan bisa membantu kegiatan pemerintah, serta bisa bermanfaat untuk masyarakat Gunung Samarinda.

“Jadi Sekretariat ini bukan hanya untuk Ketua LPM, tetapi juga untuk masyarakat umum,” paparnya.

Lebih jauh, Anggota DPRD Provinsi Kaltim Safaruddin menekankan kepada Ketua LPM se-Balikpapan, agar segera mengusulkan rencana program pembangunan Sekretariat LPM secara permanen. Sehingga Balikpapan memiliki sekretariat LPM sendiri.

“Dan untuk tindaklanjuti, bisa berkoordinasi dengan Ketua LPM Gunung Samarinda pak Halili,” tegas Safaruddin dalam sambutannya.

Dilanjutkan, Ia ingin LPM betul-betul menjadi penyambung lidah rakyat, serta menjadi pengawas kinerja dari eksekutif.

“Tentu saja gotong-royong dan kolaborasi adalah kuncinya. Karena tidak mungkin lurah dan RT jalan dengan sendiri,” ungkapnya.

(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *