Peringati Hari Juang Kartika KODIM 0905 Bedah Rumah Relawan Kemanusiaan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tak ada habis-habisnya aksi peduli warga digelar aparat keamanan Balikpapan. Setelah kerap meluncurkan bantuan sembako, kini aparat kembali membedah alias merenovasi rumah warga kurang mampu. Giliran Andi Ruslan – seorang relawan kemanusiaan – yang mendapat “kado” istimewa ini.

Kegiatan bedah rumah ini digagas Komando Rayon Militer (Koramil) Balikpapan Barat, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-75 TNI Angkatan Darat, yang jatuh pada 15 Desember nanti. Tak ingin ketinggalan, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan turut ambil bagian dalam program tersebut.

Rabu, 25 November lalu, aparat berseragam loreng dan coklat menyambangi kediaman Ruslan IB 07 di Jalan Arjuna I Gunung Polisi, RT 57, Nomor 29, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat. Bukan menggelar penyelidikan atau menangkap pelaku kejahatan. Melainkan di sana mereka hendak merenovasi rumah.

Sejumlah barang-barang di rumah Ruslan dikeluarkan aparat gabungan, dipindahkan sementara ke tempat yang lebih aman. Petugas lalu membongkar rumah tersebut, kemudian memperbaiki dengan bahan-bahan bangunan yang layak pakai.

Yang lebih istimewa dalam aksi sosial ini, aparat keamanan tidak bekerja sendiri. TNI-Polri turut dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Balikpapan, relawan Garuda, relawan Bea, hingga beberapa warga RT 57, Baru Ilir.

Bahkan, Komandan Rayon Militer Balikpapan Barat, Mayor Infanteri Masrukhan, dan Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi, ikut langsung dalam kegiatan tersebut. Rasa kekeluargaan pun sangat terasa antara petugas gabungan dengan warga saat berkegiatan.

Dalam keterangannya, Mayor Infanteri Masrukhan mengatakan, merenovasi rumah Ruslan bukan semata-mata karena sahibulbaitnya seorang relawan kemanusiaan. Tapi lebih dari itu. Jauh hari sebelum memulai renovasi, kata Masrukhan, pihaknya lebih dulu melakukan survei ke beberapa rumah di Balikpapan Barat, termasuk rumah Ruslan.

Dari hasil survei ini, petugas menemukan keprihatinan yang lenbih di rumah Ruslan. Sejumlah pondasi serta dinding rumah yang terbuat dari kayu telah rapuh. Bahkan rumah tersebut hanya beralaskan tanah, tanpa ada kayu apalagi keramik sebagai pelapisnya.

“Maka dari itu kami menyimpulkan rumah milik Bapak Ruslan layak untuk dibedah,” katanya Masrukhan kepada wartawan.

Untuk diketahui, Ruslan yang di kenal dengan IB07 merupakan pendiri sekaligus Ketua Info Bencana Balikpapan – sebuah komunitas kebencanaan. Dia kerap tampil ketika Kota Minyak dilanda musibah untuk membatu petugas menyebarkan informasi ke publik melalui media sosial. Di rumahnya, Ruslan tinggal bersama istrinya, Sartinah – seorang ibu rumah tangga.

Hingga berita ini dibuat, proses bedah rumah Ruslan masih berlangsung. Masrukhan optimistis, renovasi rumah ini akan rampung sebelum peringatan Hari Juang Kartika. “Karena kami menargetkan, pada tanggal 15 Desember, akan dilaksanakan penyerahan kunci rumah kepada Bapak Ruslan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Turmudi mengapresasi kegiatan bedah rumah program TNI ini. Karena selain membantu warga kurang mampu, aksi sosial ini juga menumbuhkan rasa kebersamaan antara aparat keamanan dan masyarakat.

“Jadi semua masyarakat berbondong-bondong saling membantu, baik itu (menyumbang) makanan, tenaga, maupun dalam bentuk material lainnya. Saya apresiasi, itu TNI dari rakyat, oleh rakyat untuk rakyat,” kata Turmudi. Dia pun memastikan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan sosial.

(sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *