Perkuat Raperda, Pansus I DPRD Tukar Pikiran dengan Bappeda Kaltim

Tana Paser, Metrokaltim.com – Kunjungan kerja dilakukan Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Paser ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Selasa (20/4). Kunker itu, guna mencari referensi mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tanggungjawab sosial perusahaan dan lingkungan.

Hadir dalam kunker itu, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Wakil Ketua DPRD Fadly Imawan, Ketua Pansus I DPRD Abdul Azis, serta anggota Pansus I Edwin Santoso, Arlina, Elly Ermayanti, M. Saleh, dan Hamransyah.

“Referensi ini kami lakukan, berdasarkan dan mengacu adanya laporan desa-desa yang kurang mendapatkan perhatian perusahaan sekitar wilayahnya,” ucap Abdul Aziz.

Kajian perlu dilakukan, sebelum Raperda itu disahkan menjadi perdana. Harus memiliki landasan hukum yang jelas dan kuat. Sebagai catatan, di Kabupaten Paser banyak perusahaan besar. Namun lingkungan sekitar operasional perusahaan, kurang perhatian. Baik ring 1, 2 dan 3.

Bertukar pikiran dengan Kabid Infrastruktur Wilayah Bappeda Kaltim, Saur Par saroan mengatakan bahwa perda yang sedang dikerjakan pansus I DPRD Paser, juga sedang dikerjakan juga oleh Pemprov Kaltim. Itu sesuai keinginan Gubernur Kaltim bahwa nantinya peraturan ini akan di turunkan dalam bentuk Pergub.

Sekadar diketahui, Pemprov Kaltim provinsi Kaltim sebelumnya sudah memiliki Perda Nomor 3 tahun 2014 tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan. “Ada juga program bina lingkungan agar dapat di fokuskan pada kegiatan yang benar – benar diperlukan masyarakat. Saat ini sudah ada draft final Pergub,” jelas Politisi Golkar ini.

Dipesankan DPRD Paser dan Pemkab Paser dapat bersinergi dengan Pemprov Kaltim dari apa yang tengah dikerjakan itu. “Yang kami kerjakan ini sama dengan apa yang dilakukan Pemprov Kaltim. Alhamdulillah sejalan,” terangnya.

Dengan digodoknya raperda menjadi perda nantinya, perusahaan di Kabupaten Paser dapat menjalankan tanggungjawab sosial sebaik-baiknya. “Sehingga bisa membantu pembangunan di Paser,” tandas Aziz.

(adv/sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *