Pertamina Gelar Pelatihan Simulasi Bencana Banjir di Teritip

Balikpapan. Metrokaltim.com – Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan laksanakan pelatihan simulasi bencana banjir untuk anggota kampung siaga bencana, relawan dan unsur masyarakat di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan. Kegiatan ini dilaksanakan bersama iCare Balikpapan berkolaborasi dengan BPBD Kota Balikpapan dan Dinas Sosial Kota Balikpapan Selasa, 5/10/2021.

Sebanyak 100 orang yang terdiri dari anggota kampung siaga bencana, relawan maupun masyarakat sekitar terlibat dalam kegiatan ini. Turut serta dalam kegiatan ini Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan, Partnership Manager iCare Balikpapan, Camat Balikpapan Timur, Lurah Teritip, Dinas sosial kota balikpapan, BPBD Kota Balikpapan serta Bhabinkamtibmas kelurahan Teritip

Dalam kegiatan simulasi ini, masyarakat yang terlibat dikondisikan menghadapi situasi saat terjadi bencana. Antusiasme masyarakat sangat baik selama simulasi berlangsung. Mereka memainkan peran dengan baik sesuai dengan arahan BPBD Kota Balikpapan dan Dinas Sosial Kota Balikpapan. Segala kegiatan tersebut sesuai dengan konsep kesiapsiagaan yang dengan SOP kebencanaan yang ditetapkan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

“Kegiatan seperti ini sangat baik untuk dilaksanakan, mengingat Kelurahan Teritip menjadi salah satu wilayah yang sering terdampak banjir. Harapannya bisa dilakukan ke wilayah Balikpapan lainnya yang rawan terdampak bencana lainnya.” ujar Suwandi, Camat Balikpapan Timur.

Heri Ashari, selaku Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan menambahkan bahwa potensi bencana berada dimana saja sehingga warga harus terus membekali diri agar bersiap secara mandiri saat terjadi bencana. Selain itu, Pertamina DPPU Sepinggan juga mencoba untuk senantiasa mendukung program kebencanaan yang ada di Balikpapan, Khususnya wilayah Balikpapan Timur.

“Harapannya, simulasi ini dapat membekali warga yang tinggal di sekitar Bendungan Teritip terkait bencana banjir dan banjir bandang. Kami juga terbuka untuk berkolaborasi dengan siapa pun terkait penanggulangan bencana yang ada di Kota Balikpapan.” tutup Achmad Romadani, Partnership Manager iCare Balikpapan.

Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria menambahkan, program pengurangan risiko bencana ini merupakan salah satu program Pertamina dalam upaya mitigasi bencana dan penanggulangan bencana alam. “Semoga dengan adanya program ini dapat menambah kesiapan kita dan masyarakat sekitar untuk dapat lebih siap dalam menghadapi bencana yang tidak dapat kita prediksi”, ujarnya. Kegiatan Pelatihan simulasi tanggap bencana ini sejalan dengan target Pertamina dalam kontribusi SDGs kota Balikpapan pada pilar Pembangunan Nasional ke 11 yaitu menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *