Pertamina Gelar Vendor Day Tingkatkan Kolaborasi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan, Pertamina RU Balikpapan perlu berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Salah satu pemangku kepentingan itu adalah mitra kerja atau vendor. Dalam rangka meningkatkan kolaborasi tersebut, Pertamina RU Balikpapan laksanakan kegiatan Vendor Day. (Kamis, 12/08). Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 180 peserta secara daring.

“Vendor Day merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Pertamina RU Balikpapan sebagai implementasi pembinaan hubungan bisnis antar Pertamina dengan mitra yaitu para vendor,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU Balikpapan Ely Chandra Peranginangin. Vendor Day ini dilaksanakan secara rutin 1 tahun sekali.

Chandra menjelaskan bahwa Vendor Day merupakan sarana untuk saling berkomunikasi, sosialisasi dan silaturahmi. “Sebagai mitra kerja, tentunya Pertamina juga ingin membangun komunikasi dua arah yang baik dengan para vendor. Selain itu, Pertamina juga perlu memastikan bahwa mitra Pertamina memahami kebijakan serta sama-sama patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Dengan memahami peraturan-peraturan tersebut diharapkan vendor sebagai mitra kerja akan memiliki integritas, kapabilitas dan kredibilitas. Beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan Vendor Day kali ini adalah aplikasi SMART GEP & ASN dan
Aplikasi Online Contract, Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Kewajiban terkait dengan BPJS, serta Kebijakan SMAP ISO 37001:2016.

Terkait dengan penerapan SMAP ISO 37001:2016, Chandra menyampaikan bahwa komitmen Pertamina sudah jelas. Manajemen Pertamina dan seluruh pekerja diwajibkan untuk menaati dan mematuhi hal-hal yang diatur dalam Sistem Manajemen Anti Penyuapan 37001:2016. Aturan itu juga berlaku untuk untuk mitra Pertamina.

“Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban seluruh pihak yang terlibat dalam proses bisnis Pertamina mematuhi dan menerapkannya,” tutupnya.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *