Pertamina Gelontorkan 7 Milliar Rupiah Untuk Modal Usaha UMKM se- Kalimantan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pertamina kembali menyalurkan modal usaha dalam Program Kemitraan pelaku UMKM se-Kalimantan. Penyaluran bantuan ini di laksanakan di Kantor Pertamina MOR Kalimantan di Balikpapan pada (16/06).

Dalam bantuan modal usaha ini sedikitnya 7 Miliar rupiah yang di gelontorkan oleh Pertamina yang tersebar di seluruh Provinsi Kalimantan, antara lain Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Modal usaha yang dikucurkan sebesar 7 milliar tersebut terbagi menjadi 1 milyar untuk pelaku UMKM sektor perbengkelan dan 1,1 milyar untuk sektor industri rumah tangga penggunaan Bright Gas dalam program Endorse Pinky Movement, sebuah program yang mendorong pelaku usaha untuk menggunakan Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg, dan sisanya sebesar 5 milyar rupiah untuk program peternakan penggemukan sapi sekaligus pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas dalam upaya mendukung pengembangan energi baru terbarukan bagi lingkungan rumah tangga.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pertamina yang terus berupaya mendukung pengembangan UMKM di Kalimantan Timur. Terlebih di masa pandemi ini, dimana kami pelaku usaha sangat kekurangan modal dan membutuhkan up-skilling agar usaha kami dapat tetap bertahan dan bisa tetap maju dan lebih baik lagi. Kami sendiri dari program sektor peternakan sangat bahagia sekali, bagaimana tidak, kelompok peternakan kami yang mayoritas adalah masyarakat kecil melalui program peternakan dan biogas dari Pertamina dapat membangun perekonomian bagi masyarakat sekitar”, ujar Bambang Purnama, pendamping kelompok peternakan program Biogas Pertamina dari Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Atas Program Kemitraan yang telah Pertamina jalankan hingga saat ini, kami sangat mengapresiasi Pertamina, Regional Kalimantan khususnya untuk perhatian dan pembinaan kepada UMKM yang tersebar di seluruh wilayah operasional Pertamina Regional Kalimantan. Kami dari Rumah BUMN Balikpapan sebagai wadah UMKM binaan BUMN wilayah Balikpapan juga membuka peluang dan kesempatan bagi bapak ibu pelaku UMKM untuk dapat bergabung bersama kami dalam Rumah BUMN, dimana kami juga memberikan up -skilling dan pembinaan bagi pelaku UMKM agar dapat menjadi tangguh, mandiri dan naik kelas”, jelas Walid Akbar, CEO Muda Rumah BUMN Balikpapan.

Unit Manager Comm., Rel. & CSR MOR VI Pertamina Regional Kalimantan, Susanto August Satria menambahkan kegiatan penandatanganan akad hari ini merupakan salah satu program kerja Pertamina dalam upaya mendukung perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang tersebar di seluruh wilayah operasional Pertamina. Program ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan “TSJL” Pertamina dalam Pertamina Berdikari. Pertamina Berdikari ini sendiri merupakan satu dari empat pilar TJSL Pertamina. Tiga sektor lainnya antara lain Pertamina Cerdas yang fokus kepada kegiatan pendidikan, Pertamina Sehati untuk program kesehatan dan Pertamina Hijau untuk kegiatan penghijauan.

Sampai dengan hari ini, implementasi Program Kemitraan tahun 2021 Pertamina Regional Kalimantan sudah mencatatkan penyaluran modal usaha sekitar 13,2 milyar rupiah kepada pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Kalimantan, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara yang terdiri dari berbagai sektor usaha, mulai dari sektor industri rumah tangga, perdagangan, peternakan hingga jasa.

“Semoga pinjaman modal usaha ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM dan lingkungan sekitarnya,” tutup Satria.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *