Pertamina Kukuhkan 9 Duta Sigap Balikpapan 2021

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pertamina Marketing Operations Regional Kalimantan mengukuhkan duta SIGAB (Siswa Siaga Bencana) Kota Balikpapan 2021 yang diselenggarakan sepanjang bulan Juni 2021.

Dalam program ini, Pertamina bekerjasama dengan Perkumpulan KerLiP (Keluarga Peduli Pendidikan) wilayah Kalimantan Timur dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kapasitas keahlian para siswa di Balikpapan dalam menghadapi potensi ancaman bahaya bencana yang akan terjadi dikemudian hari.

Lokasi sasaran dari program ini adalah sekolah yang berada di wilayah operasional Pertamina, dan terpilih dalam program ini yaitu sekolah di area Pertamina (Depot Pengisian Pesawat Udara) DPPU Sepinggan yang berada di Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan, Kalimantan Timur yaitu SMKN 1 Balikpapan, SMPN 5 Balikpapan dan SDN 006 Balikpapan Selatan. Program Siaga Bencana dari Pertamina yang sudah berjalan sejak September 2019 ini melibatkan peserta sebanyak 60 siswa dengan perwakilan 20 orang siswa tiap sekolah.

Program ini bertujuan untuk memberikan bekal dan kemampuan agar anak-anak sekolah dapat mengenali jenis-jenis bencana, kerentanan, risiko dan juga bagaimana caranya agar dapat meningkatkan kapasitas diri agar dapat menghindari kerugian besar akibat bencana yang terjadi.

“Kegiatan dua tahun terakhir dari tahun 2019 dan 2020 kemarin kami optimalkan untuk memberikan pembekalan yang cukup kepada anak-anak dalam hal kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana. Dan pada tahun 2021 ini, kami laksanakan serangkaian ujian/lomba secara terbuka kepada seluruh siswa di Kota Balikpapan untuk mengikuti pemilihan Duta SIGAB (Siswa Siaga Bencana) tahun 2021”, terang Heri Ashari, Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan.

Pada rangkaian kegiatan bulan Juni ini, Pertamina mengukuhkan sembilan orang Duta SIGAB (Siswa Siaga Bencana) Kota Balikpapan Tahun 2021. Siswa-siswi ini terpilih dari hasil seleksi yang dilalui melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi tahap 1 berupa ujian tertulis secara virtual sampai dengan presentasi terkait pengetahuan kebencanaan di hadapan Dewan Juri.

Unit Manager Comm., Rel. & CSR Pertamina MOR Kalimantan, Susanto August Satria menambahkan melalui pelantikan Duta SIGAB ini, Pertamina berharap dapat memberikan manfaat kepada masyarakat melalui kegiatan edukasi siaga bencana sejak dini kepada anak sekolah dimana ilmu yang didapat nantinya diharapkan dapat ditularkan kepada teman-teman sebayanya, teman sekolahnya, maupun masyarakat umum.

“Selain itu diharapkan untuk teman-teman Duta SIGAB ini juga untuk dapat terlibat dalam kegiatan kesiapsiagaan bencana yang dilakukan oleh Pertamina, salah satunya kegiatan kesiapsiagaan bencana yang akan dilaksanakan tahun ini di Kelurahan Lamaru bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Balikpapan dan lembaga nirlaba ICare Balikpapan,” pungkas Satria.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *