Pertamina Patra Niaga Siapkan 4000KL Untuk Ibadah Haji

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pertamina Patra Niaga Regional Balikpapan telah mempersiapkan 4 layanan pengisian bahan bakar pesawat, untuk kebutuhan layanan penerbangan haji tahun 2022 dengan kapasitas 40 KL.

Saat ditemui awak media, Region Manager Coorporate Operation and Services, Albert Effendi mengatakan, bahwa untuk layanan penerbangan ibadah haji di Balikpapan pada tahun 2022 melalui Bandara Udara SAMS ada sekitar 7 kloter.

Adapun personel khusus dan tim satgas pelayanan penerbangan haji yang dipersiapkan. Ditambah penerbangan haji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana tidak semua langsung ke Jeddah, tapi transit melalui Bandara Kualanamu dengan perjalanan 2 jam.

“Untuk pengisian bahan bakar ada sekitar 25KL, tetapi pemulangan jemaah dari Jeddh ke Balikpapan butuh 60 KL per pesawat dengan tipe pesawat airbus 330,” ucap Albert Effendi usai doa bersama di Auditorium Bandara udara SAMS Sepinggan, Selasa (21/6/2022).

Kalau untuk persediaan bahan bakar keseluruhannya mencapai 3×1000 KL. Dan iri melebih kebutuhan penerbangan, karena bukan hanya melayani haji saja.

Dijelaskan, meski ada peningkatan pemberangkatan, penggunaan bahan bakar tidak mengalami kenaikkan yang signifikan hanya sekitar 2-3 persen, sementara saat pemulangan baru ada kenaikan sekitar 12 -15 persen.

“Kenapa kepulangan ada kenaikan, karena saat berangkat pesawat transit di Kualanamu, sehingga tidak signifikan,” imbuhnya.

Sementara untuk satgas dan petugas haji, akan berada saat pemberangkatan yakni tanggal 22 – 31 Juni, sedangkan untuk pemulangan akhir bulan Agustus.

Tidak hanya itu, Pertamina Patra Niaga juga selalu bahu membahu dalam setiap kegiatan di Bandara, baik melalui instansi maupun stakholder. ( Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *