Pertamina Raih Apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pertamina RU Balikpapan mendapatkan apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur atas kontribusinya pada lingkungan di Kota Balikpapan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur E.A Rafiddin Rizal di Balikpapan (Selasa, 29/06). Acara tersebut juga merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Apresiasi yang diterima oleh Pertamina tersebut diberikan atas kontribusinya dalam rangka Fasilitasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pembinaan kegiatan Adiwiyata dan Program Kampung Iklim untuk menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup di Kota Balikapan.

“Walau penghargaan bukanlah tujuan dari pelaksanaan program yang dilakukan Pertamina RU Balikpapan, kami sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup.” ujar Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Dia mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan pemantik komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan kepedulian pada lingkungan. “Apresiasi ini juga menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan perusahaan mendapatkan perhatian dari para pemangku kepentingan.” kata Chandra.

Chandra menjelaskan bahwa salah satu program lingkungan yang saat ini dijalankan oleh perusahaan adalah program pengelolaan sampah terpadu di Kelurahan Margasari. “Penerima manfaat program ini adalah Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Margasari.” ujarnya.

Kelompok penerima bantuan ini saat ini terus melakukan edukasi kepada warga di sekitarnya untuk peduli pada lingkungan terutama dengan menjaga kebersihan dan pemanfaatan minyak jelantah. “Sebulan yang lalu, para kader kelompok ini telah melakukan road show keliling 15 kali dan mengedukasi sebanyak 232 warga. Para Kader juga sudah mulai melakukan edukasi kepada warga masyarakat di luar Kelurahan Margasari.” jelasnya.

Selain itu, Pertamina juga sedang berupaya melakukan pengembangan masyarakat melalui program integrasi pengembangan budidaya Black Soldier Fly (BSF), Ayam Pedaging, dan Tanaman Holtikultura di Sungai Wain melalui kelompok Petratonik.

Program yang dijalankan oleh Pertamina tersebut menurutnya sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga sedang digalakkan oleh Pemerintah khususnya tujuan No. (1) Tanpa Kemiskinan, (13) Penanganan Perubahan Iklim dan (14) Ekosistem Lautan.

“Penghargaan ini tentunya juga merupakan penghargaan kepada para mitra binaan Pertamina. Keberhasilan program-program yang dijalankan Pertamina, hanya akan berhasil bila para penerima manfaat benar-benar berkomitmen dan melaksanakan program yang disepakati. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan para pemangku kepentingan.” tutupnya.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *