Petaka Mancing di Teluk Balikpapan, Kapal Karam Setelah Dihantam Kayu

Balikpapan, Metrokaltim.com – Seorang pemuda, Candi Nugroho (27), hilang di Teluk Balikpapan pada Kamis (29/10) lalu. Sebelum hilang, ia bersama tujuh orang temannya hendak pergi memancing ikan di teluk itu.

Diketahui, ketujuh rekan Candi itu bernama Rully Hartono (39), Ari Murdani (30), Edi Saputra (24), Saiful Anwar (28), Aris Sarwanto (28), M. Tahir (48) dan Azis. Semuanya tinggal di Balikpapan. Namun, KTP Candi bukan Balikpapan, melainkan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pada Kamis itu, sekitar jam enam pagi, Candi bersama teman-temannya itu berangkat dari pesisir Pantai Manggar menuju pertengahan Teluk Balikpapan menggunkan kapal. Petang hari, sekira pukul 18.30 WITA, kapal yang mereka tumpangi menabrak batang kayu basar. Hal ini membuat dinding kapal pecah, air pun tak terbendung lagi masuk ke dalam kapal.

“Hanya tiga menit setelah itu kapal yang mereka tumpangi akhirnya karam,” kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octavianto.

Tim SAR gabungan berkumpul sebelum melakukan pencarian terhadap satu korban pemancing yang tenggelam di Teluk Balikpapan.

Setelah kapanya tenggelam, Candi, Rully, Ari, Edi, Saiful, Aris, Tahir dan Azis, terombang-ambing di lautan lepas. Sebagian dari mereka ada yang menggunakan life jacket, sebagiannya lagi ada yang menggunakan jeriken untuk bertahan hidup.

Awalnya, mereka semua berpegangan tangan di tengah lautan. Namun entah mengapa, beberapa jam kemudian Candi, Aris dan Azis terlepas dari rangkualan teman-temannya yang lain.

Pada Jumat (30/10), pukul 06.00, sebuah kapal tengker bernama MV Lyric Star melintas di dekat kapal karam itu. Para awak MV Lyric Star kemudian mengevakuasi Rully, Ari, Edi, Saiful, Aris dan Tahir dalam kondisi selamat.

Pada saat itu juga, MV Lyric Star melaporkan kejadian ini kepada Basarnas Balikpapan, termasuk melaporkan hilangnya Candi dan Azis. Pukul 07.30, Tim Basarnas mendatangi lokasi kapal karam untuk mencari keberandaan Candi dan Azis.

Baru pada pukul 08.10, MV Lyric Star mendapat kabar, jika Azis telah diselamatkan oleh seorang nelayan asal Kampung Baru, Balikpapan Barat. Kabar ini segera diteruskan kepada Basarnas. “Pukul 16.40 korban atas nama Azis sudah berada di rumahnya di Kampung Timur (Balikpapan Utara),” beber Octavianto.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *