Operasik Kedua Pencarian Candi Nugroho Ditutup, Basarnas: Hasil Masih Nihil

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim SAR (search and rescue) gabungan terus berupaya mencari Candi Nugroho (27), korban tenggelam di Teluk Balikpapan pada Kamis (29/10) lalu. Namun, hingga memasuki hari kedua pencarian, tim belum berhasil menemukan pemuda malang itu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A atau Basarnas Balikpapan, Melkianus Kotta mengatakan, operasi pencarian Candi kembali dilanjutkan pada Sabtu (31/10), sekira pukul 07.00 WITA, setelah sebelumnya operasi sempat dihentikan sementara pada Sabtu (31/10), pukul 18.18, karena cuaca sudah gelap.

Dalam operasi kali ini, Basarnas menurunkan beberapa macam peralatan SAR, seperti Rescue D-Max, RIB 12 Mtr, Alkom, peralatan SAR air serta perlengkapan medis. Namun bukan hanya itu, operasi SAR ini juga didukung alut udara. Melky – sapaan Melkianus Kotta – menerangkan, alut udara itu milik Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan yang dipinjamkan untuk mendukung operasi SAR ini.

Pencarian korban pemancing yang tenggelam di Teluk Balikpapan terus dilakukan.

“Dalam melaksanakan operasi kali ini, sesuai arahan dari Danlanl untuk melibatkan alut udara tersebut, dalam rangka safetying lewat udara,” kata Melky.

Baca Juga: Petaka Mancing di Teluk Balikpapan, Kapal Karam Setelah Dihantam Kayu

Namun dalam operasi SAR ini Basarnas dan Lanal tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh Polair Balikpapan, KP3 Pelabuhan, KKP Balikpapan, KSOP Balikpapan, BPBD Kota Balikpapan, MV Lyric Star, Srop Balikpapan, Info Bencana, Rapi, Banda Indonesia dan PKPU.

Ada pun lokasi pencarian, sebut Melky, Tim SAR gabungan telah menyisir kawasan Teluk Balikpapan. “Total luas area pencarian sekitar 65,33 nautical mile persegi, atau setara 121 kilometer persegi,” sebutnya.

Meski sudah berupaya kerasi, operasi pencarian belum berbuah hasil. Hingga operasi kedua ini ditutup, tim belum berhasil menemukan raga Candi. Walau begitu, tim belum menyerah. Tim akan kembali melanjutkan pencarian pada Ahad (1/11) besok pagi.

“Kami laporkan hasil operasi pencarian hari kedua, dengan korban bernama Candi Nugroho, sampai pukul 17.25 hasil masih nihil. Operasi dihentikan sementara, dan akan kembali dilanjutkan besok pagi pada pukul 07.00,” kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octavianto.

(Sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *