BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Setelah adanya laporan dari masyarakat perihal jalan rusak akibat proyek pipa gas. PGN Solution baru saja melakukan survei bersama Balai Besar Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim, terkait dengan jalan rusak dampak dari pengerjaan penanaman pipanisasi gas dari Senipah – Balikpapan.

Dari hasil survei, pihaknya masih menunggu hasil koordinasi dari pihak BBPJN Kaltim, dan rencananya akan dilakukan pertemuan kembali perihal metode perbaikannya seperti apa.

“Saat ini kami baru melakukan peninjauan di satu titik saja, tepatnya di depan Bank BNI Km 5 Balikpapan Utara,” ucap Lead Construction Ahmad Riyadh kepada awak media, Kamis (3/8/2023).

Sementara untuk kerusakan di badan jalan lainnya, saat ini PGN sudah melakukan perbaikan, seperti di beberapa lokasi di Jalan Soekarno Hatta sudah diperbaiki. Hanya saja untuk saat ini memang ada perkerjaan yang masih berjalan.

“Rencana kedepannya, kami akan bekerjasama dengan BBPJN karena semua pasti kami koordinasikan,” ujarnya.

Lanjutnya, maka untuk proses perbaikan pihaknya masih menunggu hasil rekomendasi dari pihak balai. Namun yang pasti pihaknya sudah bersurat ke BBPJN, bahwa dirinya siap bertanggungjawab untuk memperbaiki seperti awal, semua dampak dari pengerjaan pipa gas.

Tempat terpisah, PPK 10 BBPJN Kaltim Tribrias menambahkan, untuk hasil pemeriksaan mengenai kondisi akibat boring dari pipa gas. Pihaknya sudah melihat kondisi dan tingkat kerusakannya, namun akan dipelajari dan dibahas bersama perihal metodelogi perbaikannya.

“Kami akan pelajari lagi tingkat kerusakan dari struktur tanah. Maka dari balai akan evaluasi terhadap pengembalian kondisinya seperti apa,” tambahnya.

Hanya saja untuk perbaikannya mutlak tanggungjawab dari Pertagas. Tetapi perbaikannya tetap sesuaikan dengan spesifikasi teknis yang ada di bina marga. Dan semua perbaikan akan menjadi tanggungjawab Pertamina.

Karena ini tanggungjawab Pertagas, tentu anggaran perbaikan melalui pihaknya. Prosedur pelaksanaannya tetap monitoring dari BBPJN.

“Karena mereka akan berkontrak dengan subcon yang misanya bekerja dibidang jalan, pasti prosedur pelaksanaan tetapi kami awasi,” tutupnya. (mys/ries)

185

Leave a Reply

Your email address will not be published.