Pokjar Amanah Balikpapan Bantu Fasilitasi Perkuliahan Mahasiswa UT

Balikpapan, Metrokaltim.com – Di era digitalisasi saat ini, Universitas Terbuka (UT) semakin diminati. Salah satunya Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Samarinda, Kalimantan Timur.

Sertifikasi yang dikantongi Universitas Terbuka dengan akreditasi A dan B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan sertifikasi kualitas dari International Council for Open and Distance Education (ICDE) menjadi dasarnya.

Faktor penyelenggaraan pembelajaran pendidikan dengan sistem terbuka dan jarak jauh serta kemudahan registrasi pendaftaran mahasiswa baru dengan harga paket terjangkau menjadi alasan lain, UT semakin diminati.

Nah untuk membantu peserta didik lulusan SMA/SMK/MA sederajat mendaftar di Universitas Terbuka termasuk bagi mahasiwa yang sudah kuliah UT dan berdomisili di Kota Balikpapan, sejak 5 Januari 2021 lalu Pokjar Amanah Balikpapan hadir memberikan segala bantuan dan kemudahan.

Sebagai perpanjangan tangan dari UPBJJ-UT Samarinda, kini sudah 70 mahasiswa baru asal Kota Minyak yang mendaftar di Pokjar Amanah Balikpapan yang memiliki sekretariat di Jalan Prona I Nomor 84, RT 26 Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan ini.

Pengelola Pokjar Amanah Balikpapan saat koordinasi dengan Kepala Disdikbud, Ir Muhaimin MT.

“Pokjar adalah kepanjangan dari kelompok belajar. Pokjar Amanah Balikpapan ini bertujuan untuk memudahkan dan melayani mahasiswa yang kuliah di Universitas Terbuka, khususnya yang tinggal di Balikpapan. Agar dalam segala hal kebutuhan perkuliahan, mahasiswa dapat dilayani tanpa harus jauh-jauh ke Samarinda,” jelas Pengelola Pokjar Amanah Balikpapan Nuzul Haniah, SPd didampingi admin Pokjar, Putri Herty Rachmayanti.

Bersama Penasehat/Pembina Pokjar Misti SPd MM, Nuzul Haniah membeberkan biaya pendaftaran sangat murah, yakni Rp 100 ribu. Sementara untuk Program Sarjana dengan Sistem Paket Semester (Sipas) penuh dengan 100 persen tutorial tatap muka (TTM) plus buku materi pokok (modul) hanya Rp 2,2 juta.

Sedangkan dengan Sipas Semi, harganya juga terjangkau. Untuk Program Sarjana Rp 1 juta,750 ribu dan Program Diploma II dan IV hanya Rp 1,6 juta. Nah di Sipas Non TTM lebih murah lagi. Program Sarjana Rp 1,3 juta dan Program Diploma II dan IV hanya Rp 1 juta, 150 ribu. Untuk yang Non Sipas, biaya per SKS Rp 35 sampai Rp 78 ribu. Pembiayaan modul disesuaikan dengan mata kuliah dan peruntukkannya.

“Bagi yang berminat bisa langsung mendaftar online di http://sia.ut.ac.id atau bisa datang langsung di Sekretariat Pokjar Amanah Balikpapan di RT 26 Sepinggan Raya. Atau bisa menghubungi nomor 081348401264/0895705478312,” ucap Nuzul Haniah.

Untuk memperkenalkan UT dengan empat fakultas yakni Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Program Pasca Sarjana (PPS) ini di tengah masyarakat, Pokjar Amanah Balikpapan gencar bersosialisasi. Salah satunya ikut andil dalam pencegahan Covid-19 dengan berbagi ratusan masker kain.

“Selain membantu pencegahan virus corona bagi masyarakat yang kedapatan tidak pakai masker dan sosialisasi pentingnya penerapan protokol kesehatan, kami juga sosialisasi tentang Pokjar Amanah Balikpapan di dua lokasi pembagian masker, Lapangan Merdeka dan depan Stadion Batakan,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *