Polairud Polda Kaltim Gelar Parade dan Syukuran HUT ke-72

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-72, Polairud Polda Kaltim menggelar parade dan syukuran dengan tema Polairud profesional dan efektif mendukung pembangunan ekonomi maritim nasional, untuk mewujudkan Indonesia tangguh. Kegiatan dilaksanakan di Mako Ditpolairud Polda Kaltim, Senin (5/12/2022).

Acara dialawi dengan simulasi tindak pidana di laut, yang mana Polairud menindak sekelompok perampok bersenjata yang melakukan tindak pidana di kapal dan melakukan sandera. Dengan sigap dan cepat, Polairud Polda Kaltim dapat mengamankan perampok serta mengevakuasi korban sandera.

Setelah itu lanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Imam Sugianto dan Direktur Polairud Polda Kaltim, Kombes Pol Donny Adityawarman.

Dalam sambutan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, yang dibacakan Kapolda Kaltim menjelaskan, Kepolisian Perairan dan Udara berdiri sejak tahun 1950 telah mengalami berbagai perkembangan yang meliputi bidang organisasi, anggaran, sarana dan prasarana serta tugas-tugasnya.

Tidak hanya itu, beberapa keberhasilan telah diraih Kepolisian Perairan dan Udara baik dalam bidang preventif, penegakan hukum, serta kegiatan kerjasama operasional.

“Capaian keberhasilan tidak menjadikan kita berpuas diri, tapi menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan kinerja serta peringatan ulang tahun ini menjadi momentum, untuk melakukan introspeksi agar lebih berprestasi dan lebih semangat dalam berinovasi,” ucapnya.

Kegiatan Parade yang Dipersembahkan Jajaran Ditpolairud Polda Kaltim

Tantangan tugas Kepolisian Perairan dan Udara ke depan akan semakin berat dan kompleks, karena pengaruh kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi serta dinamika perkembangan lingkungan strategis yang cepat berubah, berdampak terjadinya berbagai permasalahan keamanan di wilayah perairan.

Adanya permasalahan keamanan di laut juga tidak terlepas dari kondisi letak geografis Indonesia, pada posisi silang dunia serta sebagai negara kepulauan terbesar yang memiliki sumber daya alam yang melimpah.

“Oleh karenanya, memerlukan pengamanan yang sangat ekstrak pengamanan tidak hanya menjadikan kondisi laut aman dari pelaku kejahatan,” jelasnya.

Lanjutnya, bagaimana memberikan perlindungan dan menjaga sumber daya kelautan yang dapat dimanfaatkan, untuk kemakmuran rakyat serta secara keberlanjutan menjadi warisan bagi generasi selanjutnya.

Pengamanan terhadap laut menjadi hal yang penting dan sudah menjadi perhatian pemerintah. Hal ini merupakan program strategis pemerintah Republik Indonesia tahun 2020-2024 yang tertuang dalam RPJMN, telah ditetapkan rencana prioritas nasional dan Polri terkait keamanan laut.

“Oleh sebab itu peranan Kepolisian Perairan dan Udara dalam hal Kamtibmas dan penegakan hukum di laut, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat harus dilaksanakan secara terencana dengan menerapkan manajemen operasional yang benar serta lebih proaktif,” imbuhnya.

Adanya penambahan alat utama berupa kapal dan pesawat yang baru dan lebih modern bertujuan untuk memperkuat peralatan yang sudah dimiliki sebelumnya.

Untuk itu peralatan baru yang sudah ada agar di rawat dengan sebaik-baiknya serta patut diingat, bahwa pengadaan alat Kepolisian Perairan dan Udara  memerlukan anggaran yang cukup besar, maka diharapkan pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan dapat mendukung siap operasional serta tugas kepolisian perairan dan udara.

“Dan diharapkan dapat dirasakan kontribusinya secara nyata oleh masyarakat dan dapat mendukung program pemerintah seperti program pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Program pemulihan ekonomi nasional, diharapkan dapat mendorong berjalannya roda perekonomian, sehingga pertumbuhan ekonomi tetap positif dan mencapai target.

Hal ini sejalan dengan program prioritas Kapolri Polri Presisi, melalui kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid 19 dan pemantapan program prioritas nasional. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.