Polda Kaltim Sosialisasi Peran Mahasiswa Di Era Perkembangan Teknologi Di ITK

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polda Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim menggelar acara sosialisasi peran mahasiswa di era perkembangan teknologi yang dilaksanakan di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Kamis (17/3/2022).

Sosialisasi yang diselenggarakan ini untuk meningkatkan silaturahmi dan kemitraan terhadap akademisi guna menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparasi Berkeadilan (Presisi).

Yusuf Sutejo menjelaskan, salah satu program prioritas Kapolri (PPK) yaitu penguatan sistem komunikasi publik. Dimana saat ini ada dua fenomena dunia yang berpengaruh, yaitu demokratisasi ditandai salah satunya menguatnya media dan globalisasi menuju masyarakat informasi teknologi.

“Salah satu ciri negara demokrasi adalah kekuasaan ditangan rakyat, dimana kepercayaan publik sangatlah penting dalam kesatuan atau institusi,” ucap Yusuf Sutejo dalam sambutannya.

Lanjutnya, untuk itu guna meningkatkan kepercayaan publik, Polri harus melakukan peningkatan layanan publik, peningkatan profesionalisme dalam penegakan hukum, peningkatan stabilitas Kamtibmas dan manajemen media.

Di era teknologi media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan Blog saat ini telah menjadi wahana yang turut mewarnai wacana di ruang-ruang publik. Media sosial dianggap lebih emansipatif dan egaliter, karena dapat langsung menyuarakan pandangan individu ke ranah publik.

“Namun media sosial perlu digunakan dengan bijak agar tidak mengubah budaya Indonesia yang toleran dan ramah,” jelasnya.

Untuk itu Polri mengajak para mahasiswa di Balikpapan khususnya mahasiswa ITK dapat berinovasi di bidang teknologi dan menjadi pelopor dalam memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak.

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan edukasi para mahasiswa lebih berinovasi cara memanfaatkan teknologi. Karena dengan teknologi dapat merubah dan lebih mudah dalam suatu informasi pengolahan.

“Dalam sosialisasi ini dapat terciptanya hubungan baik yang berkesinambungan antara Polri dan mahasiswa akademisi,” terangnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *