Polsek Samboja Intensifkan Patroli Jelang Pilkada Kukar

KUKAR, Metrokaltim.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kukar 2024, jajaran Polres Kukar semakin aktif dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah patroli dialogis gabungan oleh Polsek Samboja bersama instansi terkait, yang dilaksanakan pada Sabtu (6/7/2024) sekitar pukul 09.00-10.00 WITA.

Patroli dialogis gabungan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai menjelang Pilkada. Patroli melibatkan tiga personel Polsek Samboja, dua personel Koramil 0906-06 Samboja, dan dua personel Trantib/Satpol PP Kecamatan Samboja. Mereka berpatroli di beberapa wilayah, termasuk Kelurahan Sungai Seluang dan RT 6 Kelurahan Kuala Samboja.

Dalam kegiatan patroli, petugas mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di Kecamatan Samboja. Masyarakat diajak berpartisipasi aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan damai, guna mendukung terselenggaranya Pilkada 2024 yang aman dan kondusif.

Patroli ini juga bertujuan menjalin komunikasi dan kerjasama antara Polri, TNI, dan masyarakat. Fokus utama adalah mengantisipasi kejadian yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), seperti perselisihan yang dapat menimbulkan konflik SARA, perkelahian antarwarga, dan penyebaran berita hoaks.

Kapolsek Samboja, Iptu Sutomo, menekankan pentingnya peran masyarakat dalam melaporkan setiap kejadian yang dapat mengganggu Kamtibmas. Masyarakat diminta segera melapor ke Polsek Samboja atau kantor polisi terdekat jika menemukan gangguan keamanan.

Selama pelaksanaan patroli, yang dilakukan secara mobile dengan menyambangi warga yang berkumpul di jalan atau tempat umum, tidak ditemukan adanya gangguan Kamtibmas. Kegiatan ini diharapkan dapat terus menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayah Kukar menjelang Pilkada 2024.

81

Leave a Reply

Your email address will not be published.