PPKM Kota Balikpapan Turun Level 1

Balikpapan, Metrokaltim.com – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang kian mengalami penurunan jumlahnya, membuat status Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Balikpapan dari level 2 turun ke level 1.

Hal ini, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2021, mulai tanggal 7 hingga 23 Desember 2021, Kota Balikpapan menerapkan PPKM level 1.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, kebijakan menurunkan status PPKM Kota Balikpapan yang sempat bertahan di PPKM level 2 dalam beberapa bulan terakhir, lantaran penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan yang menurunkan secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir, dengan rata-rata nol kasus per hari.

“Balikpapan menerapkan PPKM Level 1, sesuai Inmendagri yang kita terima kemarin,” ungkapnya, Jumat (10/12/2021).

Zulkifli menjelaskan, bahwa kebijakan yang diberlakukan dalam penerapan PPKM level 1 tidak berbeda dengan level 2. Kondisi level 1 hanya menunjukkan bahwa situasi lebih aman.

“Aturan PPKM Level 1 dengan PPKM Level 2 sesuai Inmendagri 65 tahun 2021 sama gak beda, sebagaimana yang selama ini saya jelaskan, namun kondisinya untuk level 1 lebih aman,” ujarnya.

Terkait penerapan pengamanan selama libur saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 tetap menyesuaikan dengan surat edaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Kan untuk SE Nataru untuk tanggal 24 Desember sampai dengan 2 Januari 2022 itu memang tidak ada menyebut PPKM Level 3, jadi tetap berlaku,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *