PPKM Level 4 Diperpanjang, PTM di Balikpapan Kembali Ditunda

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di kota Balikpapan kembali diperpanjang hingga 20 September 2021. Pemerintah kota (Pemkot) menyampaikan bahwa Balikpapan masih masuk dalam PPKM level 4.

Dengan adanya perpanjangan PPKM dan belum turunnya level di Balikpapan, sehingga Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali dievaluasi seperti apa kedepannya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin menjelaskan, karena PPKM diperpanjang sehingga untuk PTM masih bisa dilakukan setelah perpanjangan hingga (20/9).

“Artinya kita belum boleh melaksanakan PTM, karena PPKM level 4 diperpanjang sampai 20 September,” kata Muhaimin didepan awak media, Senin (6/9).

Lanjutnya, bahkan di sela-sela tanggal 7-20 September 2021 pihaknya akan coba untuk melakukan simulasi ke beberapa sekolah, sebagai bagian dari persiapan ketika tanggal 20 turun ke level 3.

Sebenarnya simulasi sudah dilakukan 2 kali, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan simulasi kembali. Pertama untuk mengingatkan protokol kesehatan (Prokes) dan untuk mempersiapkan peserta didik, guru dan sekolah.

“Karena seperti Pak wali kota katakan, intinya prokesnya diperketat, supaya tidak terjadi cluster di sekolah,” ujar Muhaimin.

Sementara untuk pola penerapannya masih sama seperti dulu ada gugus tugas sekolah, kemudian waktu jam belajarnya hanya 2 jam untuk SD dan 2,5 jam untuk SMP. Pihaknya juga akan coba untuk melakukan satu minggu sekali.

“Meski simulasi, mekanismenya karena SMP belum semua divaksin, kita akan coba prioritaskan yang vaksin dulu,” jelasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *